VOKASI UNAIR

SHARING SESSION WITH IISMAVO AWARDEE 2022

VOKASI NEWS – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan “Sharing session with IISMAVO Awardee” menggunakan platform Zoom Meeting pada Jum’at, 20 Januari 2022. Acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk lebih mengenal IISMAVO, mulai dari proses pendaftaran, syarat esai dan tes bahasa inggris sampai tips interview.  Antusias mahasiswa cukup baik mengenai program ini, hal ini terbukti ada 130 mahasiswa fakultas vokasi saat zoom meeting berlangsung.

IISMAVO (Indonesia International Student Mobility Awards for Vocational Student) merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Republik Indonesia (LPDP RI) dalam bentuk pertukaran pelajar mahasiswa vokasi agar bisa belajar di luar negeri. Program ini bisa diikuti seluruh mahasiswa vokasi di seluruh Indonesia. Namun tidak mudah untuk bisa mengikuti program tersebut. Mahasiswa harus memiliki prestasi yang sejalur dengan bidang yang ditekuni. “Apapun prestasi kalian dan relate dengan yang kamu pilih, masukin saja” ujar Kak Dinda, salah satu mahasiswa yang pernah lolos IISMAVO. 

Persyaratan lain yang dibutuhkan untuk tembus program tersebut yaitu mempunyai kemampuan berbahasa inggris dengan baik. Mahasiwa dapat mengecek kemampuan berbahasa inggris melalui tes TOEFL, TOEIC maupun Duolinggo. Selain itu, akan dilakukan wawancara dan penyusunan esai mahasiswa untuk mengetahui kelancaran berbahasa dan komunikasi serta potensi yang dimiliki. Paparan esai dapat berisi prestasi hingga kendala yang dihadapi selama perkuliahan. Mahasiswa diharapkan tidak melakukan plagiasi atau copy paste dari sumber lain. Untuk menunjang pembuatan esai, mahasiswa dapat mencari tips and tric menyusun esai di youtube

Sharing session ini berjalan dengan lancar dan interaktif. Hal tersebut dapat dibuktikan saat sesi diskusi, para peserta aktif mengajukan pertanyaan – pertanyaan seputar IISMAVO. Harapan dari sharing session ini dapat menambah bekal pengetahuan mahasiswa seputar seleksi IISMAVO dan lebih banyak mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang lolos dalam program tersebut.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori