VOKASI UNAIR

Sosialisasi Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – Pada Selasa, 28 Februari 2023, Satuan Tugas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) melaksanakan kegiatan sosialisasi di Aula Vokasi lantai 3 dengan tema “Kebijakan dalam Pencegahan dan Penangan Kekerasan Seksual di Lingkungan UNAIR”. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, Drh., M. Kes. dan Wakil Dekan Fakultas Vokasi, Dr. Tika Widiastu, SE., M.Kes., M.Si.

Dalam acara tersebut, Satgas PPKS yang diwakili oleh Prof. Myrtati Dyah Artatia, Dra., MA., PhD. menyampaikan informasi terkait dengan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasaan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Dalam Peraturan tersebut, terdapat penjelasan mengenai kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi dan bagaimana cara mencegah serta menangani kekerasan tersebut.

Selain itu, Satgas PPKS juga memberikan informasi tentang UU No. 12 tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Di dalam undang-undang tersebut, dijelaskan tentang bentuk-bentuk kekerasan seksual yang dapat terjadi dan hukuman bagi pelaku kekerasan seksual. Hal ini menjadi penting untuk diketahui oleh masyarakat, terutama bagi para mahasiswa yang berada di lingkungan perguruan tinggi.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Satgas PPKS juga membahas tentang bentuk-bentuk kekerasan seksual yang terdapat dalam Permendikbud Ristek RI No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. Dalam peraturan tersebut, dijelaskan tentang beberapa bentuk kekerasan seksual, seperti pelecehan verbal, pelecehan fisik, dan pemaksaan seksual.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik bagi sivitas akademika, khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. Pihak Satgas PPKS juga berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan disosialisasikan di perguruan tinggi lainnya, sehingga tercipta lingkungan kampus yang aman dan nyaman bagi para mahasiswa.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!