VOKASI UNAIR

Sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Tahun 2023

VOKASI NEWS – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi telah sukses menggelar acara sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Tahun 2023 pada Jumat, 10 Maret 2023 melalui zoom meeting. P2MD adalah sebuah program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh mahasiswa melalui Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di perguruan tinggi dengan tujuan menumbuhkan kepedulian dan mengajak kontribusi mahasiswa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam tema P2MD kali ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi berusaha menerapkan wawasan kebangsaan dan pengembangan karakter pelajar Pancasila serta kompetensi abad-21 untuk mewujudkan sasaran SDGs. Program ini juga memiliki beberapa tujuan, seperti meningkatkan kompetensi mahasiswa vokasi dalam berfikir kritis, kreatif berkomunikasi, kolaborasi, kepekaan sosial, literasi digital, memiliki keterampilan kepemimpinan, dan berwawasan global. Selain itu, program ini juga bertujuan meningkatkan kompetensi kelompok sasaran dalam membangun desa, meningkatkan kemitraan desa untuk keberlanjutan program, menghasilkan dan mengembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, menjadikan desa lokasi P2MD sebagai desa binaan kampus, serta merintis pola pengabdian berkesinambungan dan berdampak.

Program P2MD kali ini juga memiliki beberapa ruang lingkup yang sangat luas, yaitu ekonomi kreatif, ketahanan pangan, kemaritiman, pariwisataan, energi baru terbarukan, pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, mitigasi bencana, seni budaya, dan pemberdayaan perempuan.

Melalui program ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi berharap dapat meningkatkan kualitas mahasiswa vokasi dalam berkontribusi pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Program ini juga diharapkan dapat menghasilkan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, sehingga dapat memberikan dampak positif pada masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!