VOKASI UNAIR

Perbaiki Ibadah Sebagai Muhasabah Diri Menyambut Kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah

VOKASI NEWS – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, rahmat, dan ampunan. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut bulan yang mulia ini. Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan Kajian Menyambut Ramadhan pada (17/03/2030) dengan tema “Menggapai Ramadhan yang Penuh Berkah, Rahmat dan Ampunan”. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, Drh., M.Kes., Wadek 1, Wadek 2, dan Wadek 3 serta seluruh civitas akademika fakultas vokasi.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, Drh., M.Kes., yang mengajak seluruh peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menyambut bulan Ramadhan. Beliau juga menekankan pentingnya mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti mengaji dan berdikari, untuk meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan.

Setelah sambutan dari Dekan, Ustadz Choiruddin dari Pondok Pesantren Ummul Qur’an Surabaya diundang untuk memberikan kajian yang didalamnya membahas tentang kandungan surat Al-Imran ayat 103. Dalam kajiannya, Ustadz Choiruddin menyampaikan makna yang terkandung dalam ayat tersebut.

“Setiap perbuatan manusia selalu disaksikan oleh Allah, baik perbuatan kecil maupun besar, dan oleh karena itu, manusia harus memperhatikan setiap tindakannya. Ustadz Choiruddin mengajak seluruh peserta untuk meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan dengan rutin mengaji, memahami makna dan arti dari tiap gerakan shalat, serta berdikari dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat,” ucap Ustadz Choirudding

Menurut Ustadz Choiruddin, dengan rutin mengaji dan memahami makna dari setiap gerakan shalat, manusia akan lebih mudah merenungkan arti kehidupan. Beliau juga menyampaikan bahwa berdikari adalah hal yang penting dalam menyongsong bulan Ramadhan. Berdikari dapat dilakukan dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku-buku agama atau melakukan aktivitas sosial.

Dalam kesempatan ini, Ustadz Choiruddin menekankan bahwa Ramadhan bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga waktu yang tepat untuk membersihkan hati dan memperbaiki diri. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, kita dapat meraih keberkahan, rahmat, dan ampunan Allah SWT.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!