VOKASI UNAIR

Intip Kegiatan Magang Mahasiswa D3 Perpustakaan Unair Di SDN Ploso III/174 Surabaya

VOKASI NEWS – Apa itu Magang? Magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Dimana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya. Sehubungan dengan program wajib dari prodi, mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga dengan beranggotakan 2 orang yaitu Herlina Eka Rosita dan Rani Kusuma Savitri berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan magang di Perpustakaan SDN Ploso III/174 Surabaya.

Terhitung selama 3 bulan berkegiatan dimulai pada 09 Januari 2023 menjadi awal mula kedua mahasiswa tersebut untuk dapat menerapkan ilmu yang didapatkan selama proses perkuliahan pada instansi magang. Keduanya disambut hangat oleh kepala sekolah, guru, dan para staf ketika sesi amanat pada upacara bendera di hari itu. Setelah sebelumnya melakukan diskusi oleh kepala sekolah dan pembimbing magang terkait program serta kegiatan yang akan diimplementasikan ketika magang berlangsung, keduanya langsung mendapat izin untuk memulainya pada hari Senin tersebut.

Kegiatan apa saja yang dilakukan selama magang? Program yang dibuat untuk perpustakaan tersebut adalah pengelolaan perpustakaan menggunakan software inlislite dan promosi perpustakaan menggunakan media sosial instagram. Tujuan pembuatan pengelolaan perpustakaan menggunakan software inlislite ialah untuk memudahkan dalam manajemen perpustakaan yang masih menggunakan sistem manual. Sehingga kegiatan pengolahan, pengadaan, pelayanan sirkulasi, dan administrasi perpustakaan dapat dilakukan secara efektif. Sekaligus untuk menjawab tantangan zaman yaitu dunia teknologi informasi.

Sedangkan tujuan promosi perpustakaan menggunakan media sosial instagram yakni untuk meningkatkan eksistensi perpustakaan SDN Ploso III/174 di lingkup sekolah maupun luar sekolah. Mahasiswa membuat media sosial yaitu instagram yang di dalamnya berisi konten mengenai kegiatan di perpustakaan; pengenalan segala hal yang berkaitan dengan perpustakaan seperti kartu buku, kantong buku, dan lain sebagainya; video kompilasi dari kegiatan yang telah dilakukan, video literasi perpustakaan yang berisi tips atau cara untuk melakukan sesuatu di perpustakaan, serta konten lain yang juga masih berkaitan dengan perpustakaan. Dengan adanya media sosial ini diharapkan dapat mengenalkan perpustakaan kepada para pemustaka.

Selain kegiatan terkait program magang dari setiap mahasiswa, terdapat juga kegiatan-kegiatan lain di luar program yaitu kegiatan literasi perpustakaan. Kegiatan ini terdiri dari sosialisasi terkait perpustakaan, story telling, dan berbagai games. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah agar para pemustaka dapat meningkatkan minat baca. Selain itu, juga dapat meningkatkan frekuensi berkunjung ke perpustakaan oleh para siswa di SDN Ploso III/174 Surabaya.

Salah satu kegiatan literasi perpustakaan yaitu game tebak kata

Penulis : Herlina Eka Rosita dan Rani Kusuma Savitri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!