VOKASI UNAIR

Cerita Kegiatan Magang Mahasiswa D3 Perpustakaan di Perpustakaan SDN Dr. Soetomo 1 Surabaya

VOKASI NEWS Magang atau Internship adalah program studi dan kerja pada perusahaan atau lembaga tujuan tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut. Seperti pada umumnya dalam kegiatan magang atau internship dimaksudkan oleh Fakultas agar mahasiswa dapat memberikan manfaat kepada instansi tujuan dengan membantu dan memberikan partisipasi aktif dari mahasiswa di dalamnya seperti salah satu cerita dari mahasiswa Fakultas Vokasi, Rahmatuz Zahro yang dimana melakukan kegiatan Magang tersebut di Perpustakaan Sekolah SDN Dr. Soetomo 1.

Kegiatan magang dilakukan selama 3 bulan mulai dari 2 Januari 2023 hingga 31 Maret 2023 dengan mengambil lokasi pada perpustakaan sekolah dari SDN Dr. Soetomo 1 Surabaya. Selama 3 bulan tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang telah dilakukan terutama yang berhubungan dengan ilmu perpustakaan yang telah diampu oleh mahasiswa seperti Klasifikasi dan Literasi Informasi. Hal ini dilakukan karena tujuan khusus dari dilakukannya kegiatan magang ini adalah membawa mahasiswa untuk melibatkan diri dalam meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah.

“Dilihat dari pada awal survei lokasi kegiatan magang bahwa kebutuhan yang terlihat adalah terkait dengan peng-klasifikasian koleksi, karena banyaknya koleksi disana yang masih belum memenuhi standar” tutur Rahmatuz.

Rahmatuz menjelaskan bahwa dalam kegiatan magang diharapkan mahasiswa D-III Perpustakaan dapat memberikan sebuah ‘produk’ yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh Perpustakaan terutama jika perpustakaan tersebut adalah sebuah Perpustakaan Sekolah dan karena lokasi yang didapatkan pas, oleh karena itu dipilihlah produk tersebut. Kegiatan klasifikasi dari koleksi tersebut juga membawa manfaat dan ide untuk produk yang berkaitan yaitu Sistem Informasi Perpustakaan (SIP) atau yang akrab dikenal dengan OPAC.

“Pihak dari sekolah menyatakan juga bahwa hal yang terkendala lain ada pada teknologi perpustakaannya yaitu OPAC, menurut Saya sayang sekali memang jika teknologi ini tidak dilanjutkan keberadaannya. Oleh karena itu, tujuan lain Saya adalah untuk mengaktifkan kembali sistem yang telah ada tersebut agar bisa dimanfaatkan sesuai hakikatnya” tambah Rahmatuz.

Dalam pelaksanaannya tentu saja terdapat kendala yang berdatangan, namun suasana sekolah yang harmonis dapat sedikit meredam dan membawa pengalaman baru bagi mahasiswa. Keberadaan mahasiswa magang juga membawa rasa antusias dari siswa ketika Perpustakaan SDN Dr. Soetomo 1 Surabaya memutuskan untuk membuka kembali layanan perpustakaan mereka.

“Siswa disana sangat suka jika diberikan materi baik materi terkait informasi yang umum hingga informasi terkait kepustakaan oleh karena itu setiap minggu saya sempatkan memberikan materi kepada mereka. Mereka juga sangat mudah akrab dengan Saya” ujar Rahmatuz.

Karena seperti yang diketahui bahwa layanan perpustakaan dalam 2 tahun terakhir terpaksa harus dilakukan secara tertutup untuk menghindari semakin merambahnya virus COVID-19 sehingga tidak heran bahwa rasa antusias dari siswa ketika diberlakukannya kembali Layanan perpustakaan disana sangat meningkat.

Penulis : Rahmatuz Zahro

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!