VOKASI UNAIR

Kenalkan Prodi D-III Teknik Gigi Unair Melalui Talkshow Get To Know Teknik Gigi 2023

VOKASI NEWS – Acara Talkshow Get to Know Teknik Gigi 2023 dilaksanakan pada hari Minggu, 9 April 2023 pada pukul 09.00 WIB. Talkshow ini diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa D-III Teknik Gigi. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi dari SMA/SMK/MA sederajat dari berbagai kota di seluruh wilayah Indonesia, mahasiswa D-III Teknik Gigi Unair, Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi yaitu Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si, Kepala Program Studi D-III Teknik Gigi yaitu Sri Redjeki Indiani, drg., M. Kes, serta dosen D-III Teknik Gigi Unair. Tidak hanya itu, acara talkshow ini turut mengundang 2 alumni D-III Teknik Gigi Unair, yaitu Junaidi Wahyu Prabowo Lettu Laut (K) 21965/P dr. Ramelan dan Salsa Nanda P.S., Amd., Kes.

Acara talkshow dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Acara tahunan yang dulunya bernama “Teknik Gigi Menyapa”, tahun ini rebranding dengan nama “Talkshow : Get to Know Teknik Gigi 2023”. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengenalkan program studi D-III Teknik Gigi Unair kepada siswa yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini juga mengundang narasumber yang akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana menempuh pendidikan di prodi D-III Teknik Gigi Unair.

Talkshow yang dilakukan pada hari Minggu ini dibuka dengan doa lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymen Airlangga. Selanjutnya sambutan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi yaitu Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa acara ini sangat penting dilaksanakan karena bertepatan dengan pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi, beliau juga menambahkan bahwa hal ini bisa jadi kesempatan untuk mengenalkan D-III Teknik Gigi Unair, baik dari profil lulusannya, masa depan lulusannya, desain pembelajaran, dan menariknya prodi ini. “Pada era saat ini, ilmu dan teknologi dalam bidang kesehatan gigi terus berkembang, prodi D-III Teknik Gigi merupakan prodi yang mengikuti perkembangan teknologi tersebut melalui pembelajaran-pembelajaran yang diajarkan”, tambah beliau.

Sambutan selanjutnya adalah Kepala Program Studi D-III Teknik Gigi yaitu Sri Redjeki Indiani, drg., M. Kes. Dalam sambutannya beliau mharapanenyampaikan bahwa prospek lulusan prodi D-III Teknik Gigi sangat besar dan menjanjikan, serta memiliki pendapatan yang cukup tinggi. Prodi ini juga telah bekerja sama dengan dental lab dan pabrik-pabrik pembuatan material kedokteran gigi. Beliau juga menyampaikan kepada peserta mengenai materi apa saja yang akan dipelajari di dalam prodi ini dan keahlian apa yang bisa didapat.

Rangkaian acara berikutnya adalah sambutan Ketua Pelaksana Talkshow : Get to Know Teknik Gigi 2023, yaitu Laura Berlina. Memasuki acara inti, yaitu berbincang-bincang dengan narasumber yang dimoderatori oleh Winda Kusumawardani, S.Kep., Ns., M.Kep. yang juga dosen dari prodi D-III Teknik Gigi Unair. Dalam talkshow ini berbincang mengenai alasan narasumber yang merupakan alumni masuk ke prodi ini, lalu yang dilakukan setelah alumni lulus dari prodi ini, serta tips dan trik agar menjadi sukses setelah lulus dari prodi ini.

Pak Junaidi, sebagai salah satu narasumber menyampaikan bahwa setelah lulus dari prodi ini, awalnya bekerja di Caninus Dental Prigen, lalu dilanjutkan di Nusantara Dental. Selepas dari dental lab, Pak Junaidi mencoba untuk mendaftar TNI Angakatan Laut sebagai Kepala Balai Pengobatan pada 2017, hingga saat ini, beliau bekerja sebagai Kepala Tata Usaha dan Administrasi Sekretariat dan Wakil Kepala Pokja SIM RS dan Koordinator di TIM IT RSPAL dr. Ramelan. Beliau yang lulus pada tahun 2014 ini juga menceritakan bagaimana lulusan D-III Teknik Gigi dapat bekerja di RSPAL. Beliau juga membagikan beberapa tips sukses kepada peserta talkshow, yaitu dengan disiplin dan tepat waktu, manajemen waktu dengan baik, mampu kolaborasi dengan orang, selalu up to date dengan cara literasi digital dan literasi data. Beliau juga berpesan bahwa jadilah seseorang yang menjadi spesialis yang mampu menekuni di 1 bidang.

Kak Salsa juga bercerita bahwa setelah lulus dari prodi D-III Teknik Gigi ini, beliau langsung kerja di Mutiara Dental Lab yang ada di Bali. Selama menjadi mahasiswa, beliau aktif dalam mengikuti berbagai organisasi serta kepanitiaan. Kak Salsa juga merupakan lulusan terbaik prodi D-III Teknik Gigi Unair tahun 2022. Beliau juga membagikan tips sukses agar langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus, yaitu menacari tempat magang yang berkompeten dan bonafit, lalu tetap tekun, dan jangan malu untuk bertanya kepada senior yang sudah lebih berpengalaman. Kak Salsa juga menambahkan cara mengatur waktu versi beliau, yaitu memiliki daftar apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan serta membuat skala prioritas.

Setelah talkshow dengan narasumber berakhir, rangkaian acara selanjutnya adalah cara pendaftaran jalur masuk tes ke prodi D-III Teknik Gigi Unair yang dipandu oleh ketua pelaksana acara talkshow ini. Kegiatan ini ditutup pada pukul 10.50 WIB.

Penulis : Haly Nur Cahyawan

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!