VOKASI UNAIR

Atasi Keluhan Nyeri, Mahasiswa Battra Gelar Penyuluhan Nutrisi di Sidodadi

VOKASI NEWS – Kolaborasi mahasiswa D4 Pengobat Tradisional (Battra) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dengan D4 Battra Alih Jenjang sukses menggelar kegiatan penyuluhan nutrisi kepada Ibu – ibu di balai Rukun Warga III Kelurahan Sidodadi, Jumat (5/5/2023). Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dari kolaborasi mata kuliah Problem Based Learning (PBL) dan Battra Komplementer Integratif Inovatif (BKII). Kegiatan tersebut digelar guna mengedukasi masyarakat mengatasi permasalahan nyeri dengan cara yang tepat.

Dalam agenda kali ini, Edith Frederika Puruhito, S.KM., M.Sc (MedSci) selaku dosen Battra berkesempatan untuk memaparkan materi mengenai pentingnya asupan yang cukup dalam mengatasi nyeri tubuh. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 5 macam nyeri yakni nyeri akut, nyeri kronis, nyeri nosiseptif, nyeri nueropati, dan gangguan nyeri yang disebabkan oleh beberapa sebab seperti aktivitas, usia, pekerjaan atau bahkan gaya hidup. Pekerjaan dengan gerakan berulang atau dengan sikap tubuh yang tidak sesuai dapat menimbulkan nyeri, terlebih lagi orang etrsebut sudah memasuki usia lanjut.

Untuk mengatasi keluhan nyeri tubuh tersebut, Edith menganjurkan untuk pemenuhan nutrisi seimbang dalam tubuh. Nutrisi ini dapat berasal dari konsumsi buah-buahan, sayuran, tanaman obat, kacang-kacangan, minuman kesehatan dan produk ikan.

“Misalnya nyeri neuropatik yang menyebabkan rendahnya jumlah sel darah merah atau anemia. Maka solusi dari pengobatan tradisionalnya yaitu dengan mengkonsumsi nutrisi yang meliputi zat besi, vitamin B1 dan vitamin B12,” ujarnya.

Usai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan tim kacang hijau saus kinca oleh mahasisiwa. Kegiatan diakhiri dengan sesi quiz berhadiah, dan pembagian hasil olahan demo kepada ibu – ibu kader.

Penulis : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!