VOKASI UNAIR

Wujudkan Perpustakaan yang Up to Date, Perpustakaan TAMBAS SDN Wiyung I/453 Surabaya Luncurkan Perpustakaan Digital Berbasis INLISLite

VOKASI NEWS – Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi berdampak pada meningkatnya jumlah informasi yang beredar. Perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi bagi warga sekolah dan penunjang aktivitas belajar mengajar guru serta siswa memiliki kewajiban untuk menyediakan sumber informasi yang terpercaya dan up to date.  Perpustakaan yang up to date tidak hanya dapat dinilai dari kelengkapan koleksi yang dimiliki dan terus diperbarui, tetapi juga dapat dinilai dari fasilitas dan layanan yang diberikan oleh perpustakaan tersebut. Memberikan fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan mengikuti perkembangan dilingkungan perpustakaan itu berada menjadi salah satu kunci perpustakaan tersebut bisa disebut sebagai perpustakaan yang up to date. Salah satu bentuk pemberian fasilitas dan layanan kepada pengguna oleh perpustakaan yang dikatakan up to date dapat melalui dengan adanya fasilitas perpustakaan digital beserta layanan yang dapat diakses didalamnya. Perpustakaan TAMBAS SDN Wiyung I/453 Surabaya dalam mewujudkan misi menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi yang up to date mengambil sebuah langkah inisiatif sekaligus meningkatkan mutu layanan yang diberikan kepada pengguna dengan membuat perpustakaan digital berbasis INLISLite.

Aplikasi INLISLite adalah aplikasi sistem otomasi perpustakaan terintegrasi yang didesain dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2011 untuk membantu proses kegiatan pengolahan bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Dalam Keputusan Kepala Perpusnas RI No. 19 Tahun 2016, penetapan INLIS enterprise dan INLISLite sebagai aplikasi resmi Perpustakaan Nasional bertujuan untuk membantu pengembangan automasi perpustakaan di seluruh Indonesia, menghimpun data koleksi nasional dalam sebuah Katalog Induk Nasional (KIN) dan Bibliografi Nasional Indonesia (BNI) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, membantu pembentukan Katalog Induk Daerah (KID) dan Bibliografi Daerah (BiD) yang diselenggarakan oleh perpustakaan umum provinsi bersama mitra kerjanya di tingkat kabupaten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimediam serta membantu dalam pembentukan katalog elektronis berbasis MARC untuk Indonesia (INDOMARC).

Pembuatan perpustakaan digital berbasis INLISLite yang dilakukan oleh Perpustakaan TAMBAS SDN Wiyung I/453 merupakan salah satu perwujudan program magang yang dilakukan oleh mahasiswi D-III Perpustakaan Universitas Airlangga. Pembuatan dan pengelolaan perpustakaan digital berbasis INLISLite berlangsung selama tiga bulan dengan dibantu mahasiswi magang. Bimbingan teknis dan cara pengelolaan perpustakaan digital juga diberikan kepada beberapa guru yang bertanggung jawab dalam pengelolaan perpustakaan. Bimbingan dilakukan agar keberlangsungan pengolahan perpustakaan digital tersebut tetap  berlangsung kedepannya. Pembuatan dan pengelolaan yang dilakukan dalam waktu tiga bulan antara lain yaitu setting server, setting aplikasi INLISLite, setting user, entri data koleksi, entri data anggota, dan cetak kartu anggota. Tahapan yang paling lama dilakukan adalah entri data koleksi karena setiap koleksi yang ada di perpustakaan harus didata perjudulnya ke aplikasi INLISLite. Selama tiga bulan melakukan pengelolaan perpustakaan digital berbasis INLISLite, telah  ada sekitar 450 judul buku dengan kurang lebih 900 eksemplar yang terdata pada aplikasi INLISLite. Jumlah anggota yang telah terdata pada perpustakaan digital tersebut berjumlah sekitar 890-900 orang yang terdiri dari seluruh warga sekolah SDN Wiyung I/453 Surabaya.

Penulis : Adelia Halena Laila

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!