VOKASI UNAIR

Implementasi Program Literasi Informasi Selama Kegiatan Magang Pada Perpustakaan SDN Kalisari II/513 Surabaya

VOKASI NEWS – Sejak tanggal 2 Januari 2023, Mahasiswa Angkatan 2020 dari Prodi D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi mulai melakukan kegiatan magang. Kegiatan magang ini sendiri bertujuan untuk menerapkan dan mempraktekkan secara langsung ilmu selama perkuliahan dalam dunia kerja pada sebuah perpustakaan. Maka dari itu 3 mahasiswa Prodi D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi yang terdiri, Rafif Nur Putri Sirat, Rizqa Aulia Putri, dan Patricia Priskila Dewi melakukan kegiatan magang pada Perpustakaan SDN Kalisari II/513 Surabaya yang berlangsung pada 9 Januari 2023 hingga 9 April 2023. Alasan pemilihan perpustakaan tersebut sebagai lokasi pelakasanaan kegiatan magang ialah dikarenakan perpustakaan tersebut memiliki beberapa kekurangan diantaranya, pustakawan yang tidak berlatar belakang perpustakaan dan hanya berjumlah satu orang pun mempunyai tanggung jawab untuk menjadi guru pengajar, sehingga membuat layanan pada perpustakaan tersebut mati.

Hal tersebut menjadi fokus utama bagi penulis bersama rekan, karena sangat disayangkan jika mengetahui bahwa Perpustakaan SDN Kalisari II/513 Surabaya memiliki koleksi buku yang sudah terorganisasikan rapi dengan label nomor panggil, klasifikasi, dan barcode, baik pada rak koleksi maupun pada sistem otomasi perpustakaan berbasis Slims, namun minim pemanfaatan bahkan kunjungan dari penggunanya. Berbekal dari permasalahan tersebut, penulis bersama rekan membuat sebuah program Literasi Informasi, yang diharap menjadi gagasan terbaru perpustakaan tersebut yang mampu meningkatkan kemampuan literasi sekolah dan jumlah kunjungan Perpustakaan SDN Kalisari II/513 Surabaya, kedepannya.

Program Literasi Informasi

Gambaran dari Program Literasi Informasi ini sendiri yaitu sebuah gagasan program kunjungan wajib Perpustakaan SDN Kalisari II/513 yang wajib dilaksanakan bagi seluruh siswa yakni siswa kelas 1 sampai kelas 5. Program ini sendiri dibuat untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam berliterasi informasi yakni terkait dengan kemampuan membaca, menulis, menyimak, public speaking, dan melakukan problem solving dalam study case. Program ini dilaksanakan menggunakan beragam media pengantar yang terdiri dari media video, audio, dan buku cerita yang nantinya terdapat penayangan materi cerita rakyat, legenda, maupun fabel yang dapat dideskripsikan sebagai berikut:

Literasi Informasi Media Video

Dokumentasi Literasi Informasi Media Video

Dokumentasi kuis Literasi Informasi Media Video

Metode pelaksanaan literasi ini menggunakan media penayangan sebuah video animasi cerita rakyat, legenda, hingga fabel yang kemudian penulis memandu seluruh siswa untuk melakukan resume cerita, atau menjawab soal pilihan ganda seputar cerita, maupun kuis tanya jawab. ketiga cara tersebut akan dilaksanakan secara bergantian dan berbeda setiap jadwal kunjungan Program “Literasi Informasi” antar kelas.

Literasi Informasi Media Audio

Dokumentasi bahan audio fabel pada Literasi Informasi Media Audio

Dokumentasi siswa yang melaksanakan Literasi Informasi Media Audio

Metode pelaksanaan literasi ini menggunakan media pemutaran  sebuah audio cerita rakyat, legenda, hingga fabel yang dinarasikan monolog maupun berdialog dan kemudian penulis memandu seluruh siswa untuk melakukan resume cerita, atau menjawab soal pilihan ganda seputar cerita, maupun kuis tanya jawab. ketiga cara tersebut akan dilaksanakan secara bergantian dan berbeda setiap jadwal kunjungan Program “Literasi Informasi” antar kelas.

Literasi Informasi Media Buku dan Tulisan Cerita

Dokumentasi Literasi Informasi Media Buku Fabel

Dokumentasi Hasil Kerja Literasi Informasi Media Buku Fabel

Metode pelaksanaan literasi ini menggunakan media buku atau paragraf cerita yang dicetak pada lembar kertas HVS yang berisi cerita rakyat, legenda, hingga fabel lalu penulis memerintahkan seluruh siswa untuk membacanya dengan cermat. Kemudian penulis memandu seluruh siswa untuk melakukan resume cerita, atau menjawab soal pilihan ganda seputar cerita, maupun kuis tanya jawab. ketiga cara tersebut akan dilaksanakan secara bergantian dan berbeda setiap jadwal kunjungan Program “Literasi Informasi” antar kelas.

Jam Operasional Perpustakaan

Program Literasi Informasi ini akan dilaksanakan pada perpustakaan dan diikuti oleh setiap kelas yang akan bergantian setiap harinya. Pelaksanaan Program ini dilakukan selama tiga bulan dan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disepakati yakni sebagai berikut:

  1. Waktu: Senin – Kamis, Pukul 13.00 WIB (Setelah Istirahat)
  2. Jumat, Pukul 10.00 WIB (Setelah Pramuka)

Jadwal Kunjungan Program Literasi Informasi:

  1. Senin : Kelas 1A-1B
  2. Selasa : Kelas 2A-2B
  3. Rabu : Kelas 3
  4. Kamis : Kelas 4A-4B
  5. Jumat : Kelas 5

Pada pelaksanaan Program Literasi Informasi pada Perpustakaan SDN Kalisari II/513, penulis bersama rekan dibantu oleh pustakawan yakni Bu Nur Endah dengan adanya bantuan perangkat LCD Proyektor, soundsystem, dan komputer sebagai alat penayangan materi Program Literasi Informasi. Pustakawan Perpustakaan SDN Kalisari II/513 juga membantu perihal koordinasi jadwal kunjungan Program Literasi Informasi pada setiap wali kelas agar terjadwal dengan tertib dan bergantian setiap harinya. Selain fokus terhadap Program Literasi Informasi, penulis bersama rekan juga melakukan kegiatan magang lainnya yakni dengan ikut membantu dalam melayani sirkulasi dan proses penyiangan koleksi.

Penulis: Rafif Nur Putri Sirat, Rizqa Aulia Putri, dan Patricia Priskila Dewi

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!