VOKASI UNAIR

5 Tips Sukses Kuliah di Program Studi Manajemen Perkantoran Digital Vokasi Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – Pada Universitas Airlangga Fakultas Vokasi Departemen Bisnis terdapat Program Studi D4 Manajemen Perkantoran Digital yang terletak di Kampus B Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan No.28 – 30, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60286. Program studi ini dipimpin oleh Koordinator Program Studi Dr. Rahmat Yuliawan., SE., MM., AWP., CHRM., CPM, 5 dosen perkantoran, serta 48 mahasiswa dari angkatan 2020, 71 mahasiswa dari angkatan 2021, 96 mahasiswa dari angkatan 2022.

Masa perkuliahan di program studi Manajemen Perkantoran Digital yaitu selama 4 tahun. Selama masa perkuliahan sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh supaya nanti di masa depan meraih kesuksesan. Berikut terdapat tips-tips sukses selama perkuliahan diantaranya:

Jangan Ragu Bertanya

Yakinkan diri kalian untuk bertanya kepada teman sekelas maupun dosen apabila mengalami kesulitan dalam memahami materi perkuliahan yang diajarkan. Jangan sampai kebingungan serta ketidaktahuan dalam memahami materi perkuliahan ini berlanjut dan menyebabkan tertinggal dalam materi perkuliahan. Sebaiknya menggunakan sumber belajar yang beragam seperti buku, jurnal, dan situs website terkait untuk memperdalam pemahaman ilmu yang dipelajari.

Rajin Berlatih

Jangan ragu untuk mengikuti praktikum atau magang selama masa kuliah. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman langsung di lapangan dan memperoleh wawasan tentang dunia kerja perkantoran. Rajin berlatih dalam kegiatan praktikum di kelas maupun luar kelas tentunya bisa lebih memahami materi yang diajarkan dan memperoleh keterampilan yang berguna dalam dunia kerja.

Fokus pada Kompetensi

Program studi manajemen perkantoran digital akan membantu memperoleh kompetensi dalam mengelola administrasi dan operasi perkantoran. Oleh karena itu, pastinya harus memahami dengan baik materi yang diajarkan serta fokus pada pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam karir di bidang perkantoran seperti keterampilan administrasi, keterampilan pengolahan data, keterampilan teknologi, keterampilan keuangan, dan lainnya.

Mengembangkan Soft Skill

Selain kompetensi teknis, soft skill juga penting untuk sukses di dunia kerja perkantoran. Pastikan mengembangkan keterampilan seperti komunikasi, kerja sama tim, kepemimpinan, manajemen waktu, kreativitas, keterampilan interpersonal, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan adaptabilitas. Hal-hal ini bisa didapatkan dengan mengikuti organisasi, magang, maupun volunteer selama masa perkuliahan.

Jalin dan Jaga Networking

Networking merupakan salah satu aspek penting dalam karir di dunia perkantoran. Jalin hubungan baik dengan teman, dosen, alumni, serta praktisi yang bekerja di bidang yang diminati. Hal ini akan memberikan wawasan yang lebih luas tentang karir yang diinginkan dan membantu untuk mempersiapkan diri dengan baikĀ  pada dunia kerja setelah lulus. Dengan demikian, bisa memperoleh informasi terbaru tentang tren dan peluang karir perkantoran di masa mendatang.

Adanya tips-tips sukses kuliah di program studi Manajemen Perkantoran Digital diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, memaksimalkan potensi diri, memperkuat motivasi belajar, mengembangkan keterampilan profesional yang dibutuhkan di dunia kerja, meningkatkan prospek karir di masa depan, serta memperluas jaringan profesional. Hal-hal ini nantinya akan membantu dalam menunjang selama masa perkuliahan serta menunjang karir di masa depan.

Penulis : F. Ery Rosa

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!