VOKASI UNAIR

Strategi Menyusun Skripsi dengan Baik di Vokasi Universitas Airlangga

Suasana Wisuda setelah berjuang menyusun skripsi

VOKASI NEWS – Skripsi masih menjadi momok yang paling ditakuti bagi kebanyakan mahasiswa tingkat akhir, padahal sedikit lagi langkah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan agar menjadi seorang Sarjana di Perguruan Tinggi.

Skripsi merupakan Karya Tulis Ilmiah yang disusun oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program sarjana. Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu memecahkan masalah secara sistematis dengan menggunakan teori yang telah dipelajari saat berada di bangku perkuliahan.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat kamu lakukan untuk menyusun skripsi dengan baik:

Pilih topik penelitian yang sesuai

Pemilihan topik adalah langkah awal kalian dalam penyusunan skripsi, pastikan bahwa topik yang diambil sesuai dengan apa yang kalian kuasai dan diinginkan. Hal itu harus dilakukan agar memudahkan kalian dalam proses kepenulisan. Jangan mengangkat topik yang tidak kalian kuasai atau tidak disukai karena sebatas keren dan tren sesaat.

Pahami konsep

Seringkali mahasiswa tidak memahami apa yang sebenarnya mereka tulis, pahami dengan baik judul serta topik yang kalian angkat sehingga relevan dengan apa yang ingin kalian bahas di awal, jangan sampai konsep tidak tertata dan melenceng dari pembahasan.

Gunakan pedoman kepenulisan yang baik

Pasti sangat disayangkan jika apa yang kalian tulis sangat bagus dan inovatif namun struktur kepenulisan masih tidak baik, orang lain akan pusing membacanya. Kalian bisa mencari pedoman tersebut di google atau media online lainnya yang mudah diakses. Pedoman kepenulisan yang baik dapat membuat tulisan kalian rapih dan memiliki alur yang baik.

Buat kerangka dengan jelas

Kerangka penilian berisi beberapa bagian dan sub bagian, kerangka penelitian ini disusun untuk mempermudah alur dalam proses memahami secara runut dimulai dari pendahuluan yang melatarbelakangi masalah hingga kesimpulan yang didapat dari penelitian tersebut. Setiap instansi menetapkan kerangka secara berbeda sehingga tidak bisa samakan. Namun umumnya kerangka penelitian yang digunakan adalah:

  • BAB 1: Pendahuluan
  • BAB 2: Penelitian terdahulu, tinjauan pustaka, hipotesis, dan lainnya
  • BAB 3: Metodologi
  • BAB 4: Hasil dan Pembahasan
  • BAB 5: Kesimpulan dan Saran
Gunakan data yang terpercaya

Setiap penelitian pasti mencari data terdahulu yang akurat dan terpercaya untuk mendukung penelitian yang sedang dijalankan. Gunakan data yang terpercaya dan tidak asal comot dari google agar tulisan kalian dapat dipertanggungjawabkan dan kredibel, dan jangan lupa setelah mengambil sumber terpercaya juga menuliskan nama penulis dari kutipan yang kalian ambil.

Buat target pecapaian

Buatlah target untuk memotivasi kalian agar sesegera mungkin menyelesaikan skripsi sebagai salah satu syarat akhir untuk lulus. Tidak harus target langsung jadi dalam beberapa bulan, namun buat target untuk mendapat progess, misalnya setelah bimbingan kedua harus berprogess sejauh ini dan minggu kesekian harus menyelesaikan bab sekian dengan baik.

Wahh gimana nih… Sekarang pasti semakin memahami mengenai strategi dalam penyusunan skripsi yang baik. Semangat bagi kalian para pejuang skripsi, tinggal sedikit langkah yang harus kalian lalui untuk mencapai akhir yang baik!!

Penulis: Yusriyyah Rahmah Nabilah

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!