VOKASI UNAIR

Peranan dan Manfaat PKKMB Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023

VOKASI NEWS – PKKMB merupakan istilah bagi mahasiswa baru (MaBa) harus melaksanakan proses Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB merupakan suatu program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa baru untuk menunjang dunia perkuliahan. 

PKKMB adalah kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru untuk berproses menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bimbingan untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kelak.

Mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB merupakan hal yang wajib bagi seluruh mahasiswa. Bagi mahasiswa baru, selain sebagai tempat untuk mengenal kehidupan perkuliahan. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru berisi kegiatan yang bermanfaat dan mendidik mahasiswa. Materi-materi yang disajikan dalam PKKMB ditujukan dalam rangka pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan. Serta dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, dan berintegritas.

MANFAAT PKKMB BAGI MAHASISWA BARU 

Menanamkan Sikap Toleransi

Adanya kegiatan proses pengenalan kampus bagi mahasiswa baru mengakibatkan munculnya sikap toleransi dalam perbedaan. Dimana seluruh mahasiswa baru dikumpulkan dalam ruangan tidak memandang dari fakultas/prodi. 

Menambah Wawasan dan Relasi

Sebagai tempat untuk mengenal kehidupan perkuliahan. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru berisi kegiatan yang bermanfaat dan mendidik mahasiswa dalam bersosialisasi dan berkomunikasi antar sesama dengan baik.

Menanamkan Sikap Disiplin

Rasa ketaatan dan kepatuhan terhadap nilai- nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawab bagi mahasiswa baru. Dengan kata lain, disiplin adalah rasa kepatuhan terhadap aturan atau  pengawasan dan  pengendalian. Disiplin adalah upaya untuk memberikan suatu objek rasa nilai atau obsesi untuk menaati aturan yang telah ditetapkan. 

Menjadikan Sikap Dewasa dan Mandiri

Pada proses pengenalan kampus bagi mahasiswa baru dilatih untuk dapat menjadi lebih dewasa dan mandiri dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan aktivitas atau kehidupan bagi mahasiswa yang akan menempuh dunia perkuliahan.

Menanamkan Kemampuan Public Speaking

Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang. Pada masa pengenalan kehidupan kampus,mahasiswa dibimbing untuk dapat berkomunikasi dihadapan publik secara baik agar dapat meningkatkan potensi public speaking yang baik. 

PERANAN PKKMB BAGI MAHASISWA BARU

  1. Mahasiswa baru dapat memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan yang ada di Universitas Airlangga. 
  2.  Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru. 
  3. Mahasiswa baru dapat memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya, pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

PKKMB dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik dengan berbagai strategi atau pendekatan yang telah disiapkan atau dilaksanakan oleh Universitas Airlangga.

Penulis: Sendi Prasetiya Wardana

Dosen Pembimbing: Dessy Harisanty, S.Sos., MA.

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!