VOKASI UNAIR

Tiga Hari Bersama Laskar Vokasi 2023

Foto bersama dalam kegiatan Laskar Vokasi 2023

VOKASI NEWS – Dalam rangka pengenalan lingkungan perkuliahan, adanya kegiatan PKKMB yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru menjadi insan yang mandiri. Adanya program PKKMB ini wajib di ikuti oleh semua mahasiswa baru sebagai proses dalam beradaptasi di lingkungan baru. Di Universitas Airlangga sendiri memiliki serangkaian PKKMB di mulai dari Amerta yang diikuti oleh seluruh mahasiwa baru tanpa pengecualian. Dalam rangkaian kegiatan Amerta, mahasiswa baru dikenalkan dengan organisasi dan kepanitiaan yang ada di perkuliahan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan PKKMB yang diselenggarakan oleh fakultas yaitu Laskar Vokasi 2023.

Mengenal Laskar Vokasi

Laskar Vokasi merupakan bagian dari kegiatan PKKMB fakultas vokasi yang bertujuan untuk mengenal kehidupan fakultas vokasi  yang lebih dalam. Laskar Vokasi 2023 sendiri memiliki mascot yang menggambarkan perajurit menggunakan helm spartan Bernama Arvo. Di ambil dari kata laskAR VOkasi yang ber arti AR: Arek dan VO: Vokasi. Memakai helm spartan yang bermakna berlambangkan kekuatan, kesetiaan dan pengabdian. Lalu baju zirah yang bermakna sebagai pelindung yang memberikan ketenangan dan ketentraman.

Tidak hanya itu warna-warna yang disuguhkan pun memiliki arti tersendiri. Dimulai dari merah yang melambangkan keberanian dan Hasrat yang tinggi untuk menjadi SDM yang unggul dalam membawa perubahan. Warna abu-abu melambangkan keseriusan, ketenangan dan keprefesional dalam mewujudkan inovasi sebuah prestasi. Ternyata perisai dan sepatu yang digunakan Arvo juga memiliki arti resiliensi menghadapi zaman dan Langkah mahasiswa baru dalam Pendidikan.

Serangkaian Kegiatan Laskar Vokasi

Kegiatan Laskar Vokasi dilaksanakan  tanggal  23-25 Agustus 2023. Selama dua hari kegiatan dilaksanakan di Gedung ACC kampus C Universitas Airlangga. Pada kegiatan pertama mahasiswa Bersama Heavenly Blush melakukan sarapan sehat Bersama. Lalu disusul dengan pembentukan kelompok dan membuat video perkenalan singkat yang bertujuan untuk mengenal teman sesama fakultas. Di hari kedua mahasiswa melakukan FGD Bersama kelompok yang sudah di tentukan pada hari pertama.

Di hari terakhir lah puncak acara Laskar Vokasi. tempat pelaksanaannya sudah tidak lagi di Gedung ACC, tetapi di depan Gedung fakultas vokasi. panggung yang sudah berdiri dari pagi membuat semua mahasiswa baru tidak sabar akan apa yang ditampilkan oleh panitia. Kegiatan di hari terakhir laskar vokasi dimulai dari penyuluhan organisasi HIMA Prodi, setelah itu mahasiswa berkeliling. Selesai berkeliling kampus mahasiswa di kumpulkan di depan panggung penampilan mahasiswa vokasi.

Penampilan Puncak Acara Mahasiswa Vokasi

Di awal mahasiswa baru di suguhi dengan penampilan tari, mulai dari tradisional sampai modern yang sungguh menarik mata. Dilanjut dengan penampilan band yang seru dan membangunkan semangat para mahasiswa baru. Di sela penampilan, panitia telah menyiapkan penghargaan dengan beberapa kategori salah satunya kelompok paling kompak dan ada 3 kategori lainnya. Pada puncak acara Laskar Vokasi panitia acara mengundang salah satu Selebgram asal Madura dengan tagline ‘Kok Iso Yo’. mahasiswa baru sangat menikmati penampilan yang di suguhkan panitia Laskar Vokasi.

Tidak sedikit mahasiswa mengabadikan moment yang sangat Memoriable ini dengan berfoto bersama Arvo dan teman sefakultas maupun di luar fakultas. Ada juga mahasiswa yang mengabadikan moment serta membangi keseruan lewat Live Instagram ataupun Live Tiktok. Dari kegiatan ini, mulai pertama sampai terakhir mahasiswa semakin dekat lewat interaksi dan dapat saling berkolaborasi dengan yang lain.

Penulis: Adinda Brilliant Putri Orlis

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!