VOKASI UNAIR

International Community Engagement Sukses Digelar untuk Berdayakan Masyarakat

Volunteer Internasional Community Engagement/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – International Community Engagement (ICE) merupakan program kerja dari Departemen Keprofesian HIMA D4 Teknologi Veteriner. Tujuannya untuk memberdayakan Sumber Daya Manusia. Kegiatan ini di laksanakan pada 15 – 17 September 2023 bertempatan di Desa Wonoayu, Malang.

Rangkaian Kegiatan International Community Engagement (ICE)
Volunteer ICE bermain dan belajar bersama anak-anak/dokumen istimewa

Volunteer ICE bermain dan belajar bersama anak-anak/dokumen istimewa

Panitia beserta Volunteer ICE melaksanakan kegiatan Lingkungan Hidup yang akan di bagi menjadi 2 kelompok. Kelompok A bertepatan di KB Tunas Bangsa. Diawali dengan pembentukan regu bersama adik-adik KB. Dilanjutkan dengan melukis pot serta menanam tanaman toga. Serta mengedukasi adik-adik KB mengenai manfaat dari tanaman toga.  Kelompok B membantu warga untuk membersihkan Masjid dan lingkungan sekitar.

Setelah kegiatan lingkungan Hidup, ICE berkolaborasi dengan D3 Keperawatan untuk melaksanakan Medical Check Up untuk warga desa Wonoayu. Dibagi menjadi 2 pos pemeriksaan yaitu asam urat dan juga tensi darah. Serta edukasi kepada warga dengan topik “Bahaya Diabetes Melitus” untuk warga.

[BACA JUGA: PMR Competition 2023 Sukses Digelar oleh HIMA D3 Keperawatan]

Edukasi Masyarakat tentang Penanganan PMK Pada Hewan
Pengecekan kesehatan hewan oleh panitia dan peserta Internasional Community Engagement/dokumen istimewa

Pengecekan kesehatan hewan oleh panitia dan peserta Internasional Community Engagement/dokumen istimewa

Kegiatan di awali dengan pemberian edukasi warga yang memiliki ternak. Topik materi tentang “Pencegahan dan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)” disampaikan oleh Dosen D4 Teknologi Veteriner. Setelah penyampaian edukasi, dilaksanakan post test guna mengetahui pemahaman Warga terhadap materi yang telah di sampaikan. Selanjutnya Panitia dan Volunteer ICE membentuk kelompok yang di pimpin oleh 3 supervisor dari Kelompok Tani Ternak Desa Wonoayu untuk melakukan vaksinasi ke ternak-ternak warga.

Senam Sehat Bersama Masyarakat
Peserta senam sehat bersama masyarakat/dokumen istimewa

Peserta senam sehat bersama masyarakat/dokumen istimewa

Pada hari Minggu, Kegiatan terakhir yakni Senam bersama, Seluruh warga Desa Wonoayu dan Volunteer berkumpul di balai desa untuk melaksanakan senam bersama selama 90 menit. Terlihat Warga memiliki semangat yang tinggi dan sangat berantusias saat kegiatan berlangsung. Setelah senam berlangsung, seluruh Panitia dan Volunteer ICE memberikan seserah dan berpamitan dengan warga desa.

***

Penulis : Layyin Pahlevi

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!