VOKASI UNAIR

Peningkatan Pendidikan Desa Berkualitas Melalui Program Pengabdian Masyarakat Dalam Mendukung SDG’s

Upaya peningkatan pendidikan desa berkualitas/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Peningkatan pendidikan desa berkualitas bisa dilakukan melalui program pengabdian kepada masyarakat.

Nawasena Village merupakan program kerja Pengabdian Masyarakat dari Himpunan Mahasiswa D4 Manajemen Perkantoran Digital Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Tema yang diusung ialah “Peningkatan Pendidikan Desa Berkualitas  Melalui Program Pengabdian Masyarakat Dalam Mendukung SDGs.” Program ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Program tersebut berfokus pada poin ke 4 SDGs yaitu Pendidikan Berkualitas (Quality Education). Sasaran program kerja tersebut ialah pelajar SD hingga SMP.

[BACA JUGA: Alternatif Posisi Pemeriksaan USG Ankle Pada Organ Calcaneofibular Ligament]

Melalui program tersebut diharapkan dapat menciptakan kondisi pendidikan desa yang lebih baik. Setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Dengan demikian, desa dapat berkembang menjadi pusat pengembangan potensi dan sumber daya manusia yang secara positif mendorong keberlanjutan secara menyeluruh.

Pelaksanaan Pengajaran Kelas Inspirasi dan Kalkulasi Literasi Asik

Kegiatan Pengajaran dan Kalkulasi Literasi Di SD SMP Satu Atap Buduran. Kegiatan tersebut dilakukan demi mencapai proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak dengan belajar calistung (membaca,menulis,dan menghitung) dan dapat terlihat dari antusiasme yang menunjukkan bahwa kehadiran mahasiswa dapat memberikan perubahan yang signifikan.

Penyampaian Program Rumah Baca

Kegiatan Sosialisasi Rumah Baca ditujukan kepada orangtua anak untuk meningkatkan proses berkelanjutan demi mencapai tujuan untuk meningkatkan belajar.

Bersih Dusun dan Senam Bersama

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan rasa kekeluargaan diantara panitia dan anak anak desa yang mana hal ini dapat memberikan rasa kebersamaan dan bisa membuat bersih lingkungan sekitar selain itu menumbuhkan jiwa yang sehat.

Mengaji Bersama

Demi meningkatan keimanan dan ketaqwaan maka, panitia mengadakan kegiatan mengaji bersama dibantu oleh guru setempat yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tim Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Manajemen Perkantoran Digital sukses dalam melaksanakan kegiatan. Alhasil berhasil mencapai tujuan dengan memberikan proses belajar yang nyaman dan menyenangkan Program ini memberikan manfaat langsung bagi masyarakat desa melalui peningkatan akses dan kualitas pendidikan. Masyarakat pedesaan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, yang pada gilirannya membuka peluang masa depan yang lebih baik bagi mereka.

Dengan berpartisipasi aktif dalam program ini, masyarakat desa dapat berpartisipasi dalam meningkatkan pendidikan di lingkungannya. Mereka terlibat dalam pembentukan komite sekolah atau kelompok pendukung pendidikan desa, memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan mendukung pembangunan pendidikan.

Alternatif pemecahan masalah ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan desa dengan menggunakan sumber daya yang tersedia dan berbagai pemangku kepentingan. Dengan pendekatan holistik dan terpadu, program pengabdian masyarakat ini dapat memberikan solusi yang efektif untuk meningkatkan pendidikan desa dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

***

Penulis:Rumbha Wisang Jati

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!