VOKASI UNAIR

Hand Sanitizer Alternatif Dari Rumah : MORIVERA (Moringa dan Aloevera)

VOKASI NEWS — Hand Sanitizer Alternatif Dari Rumah

Pada musim pancaroba saat ini, penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Baik secara jasmani maupun rohani. Dalam kondisi musim yang ekstrim membuat kondisi tubuh masyarakat menurun. Hal ini yang melatarbelakangi adanya upaya alternatif dalam menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu dengan pembuatan Hand Sanitizer dari rumah. Kita tetap bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan selalu menjaga kebersihan dimulai dari diri kita sendiri. Hal ini sangat mudah untuk kita lakukan karena bahan yang murah dan terjangkau.

Kreatifitas Untuk Berkreasi

Dengan pembuatan home made akan memacu kreatifitas untuk berkreasi dan berinovasi mencari dan menggunakan bahan bahan alami disekitar. Bahan ini berpotensi memiliki kandungan antiseptic yang mampu digunakan secara alternatif di rumah. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat Hand Sanitizer alami. Bahan utamanya yaitu daun kelor (Moringa oleifera), dan lidah buaya (Aloe vera). Dari bahan tersebut membuat penamaan menjadi “ Morivera”

Kandungan Hand Sanitizer Alami

Kandungan pada Lidah buaya (Aloe vera) mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Hal itu cocok untuk digunakan sebagai bahan pembersih permukaan kulit. Hal ini dikarenakan salah satu perantara masuknya kuman dalam tubuh bisa melalui tangan. Senyawa dalam lidah buaya tidak hanya membersihkan tangan dari bakteri dan virus, namun membuat tangan jadi lebih lembab. Dengan begitu, Hand Sanitizer dari lidah buaya akan lebih aman jika dibandingkan dengan Hand Sanitizer pada umumnya yang didominasi bahan kimia. Kandungan lidah buaya terdapat berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan. Khususnya daya tahan tubuh, seperti vitamin C dan antioksidan.

 

Daun kelor (Moringa oleifera) memiliki kandungan bahan aktif seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol. Kandungan ini berfungsi sebagai antimikroba. Senyawa flavonoid bersifat bakteriostatik. Mekanisme kerjanya yaitu dengan denaturasi protein sel bakteri dan merusak membran sitoplasma (Posangi dkk., 2011). Flavonoid dapat merusak membran sitoplasma sehingga menyebabkan kebocoran metabolit penting dan sistem enzim bakteri menjadi tidak aktif. Keadaan ini dapat menyebabkan kematian bakteri. Nukleotida dan asam amino keluar, maka dapat mencegah masuknya bahan-bahan aktif ke dalam sel.

BACA JUGA METHANOL (Medical Laboratory Technology Olimpiade) 2023

Realisasi Dalam Masyarakat 

Ide ini sangat relevan dengan potensi kekayaan alam di Indonesia, yaitu pemanfaatan bahan herbal untuk dijadikan suatu produk. Hand Sanitizer dari rumah ini sangat berguna dan bermanfaat untuk banyak orang. Salah satunya orang semakin mengenal manfaat herbal alam Indonesia. Dan luar biasanya, hal ini dikenalkan pada Prodi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Para mahasiswa turut berkontribusi dalam menyalurkan ilmu pengetahuannya terkait pemanfaatan tanaman tanaman herbal Indonesia.

Jika dikaitkan dengan era revolusi industry 4.0 saat ini. Sebagai kaum millenial Bangsa Indonesia harus turut berkontribusi untuk memperkenalkan budaya dan kekayaan alam Indonesia. Penggunaan teknologi di era 4.0 ini kelebihan yang didapat yaitu mudahnya informasi yang didapat. Bukan hanya kalangan masyarakat Indonesia saja, namun dikenal di kancah Internasional mengenal budaya dan kekayaan alam Indonesia. Upaya alternatif pembuatan Hand Sanitizer dari rumah sangat mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dari paparan virus dan kuman dari luar.

BACA JUGA Meningkatnya Kadar Gula Darah Saat Puasa

***

Penulis: Ummu Athifah Al Mumtazah

Editor: Yusriyyah Rahmah Nabilah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!