VOKASI UNAIR

Writing Class for Himanis (WICLIN) 2023

Writing Class for Himanis (WICLIN)

VOKASI NEWS – Writing class for Himanis (WICLIN) 2023 adalah seminar kepenulisan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa D4 Teknologi Laboratorium Medik Universitas Airlangga. 

Acara WICLIN tahun ini diadakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 4-5 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru Program Studi D4 Teknologi Laboratorium Medik angkatan 2023 dengan jumlah partisipan kurang lebih 100 orang, yang dilakukan secara online via zoom meeting. Acara WICLIN tahun ini mengangkat tema “Optimalisasi peran mahasiswa dalam ranah kepenulisan yang kreatif dan inovatif.”

Karya Tulis Ilmiah WICLIN

Hari pertama kegiatan WICLIN, menghadirkan pemateri Yulia Rohmawati selaku juara 1 penulisan KTI Batik Foundation Indonesia. Pada kesempatan kali ini, materi yang diberikan membahas seputar kepenulisan karya tulis ilmiah (KTI). Beliau menjelaskan bahwa karya tulis ilmiah (KTI) merupakan sebuah karya tulis yang disusun berdasarkan pendekatan metode ilmiah yang ditunjukan untuk kelompok pembaca tertentu. 

Selain itu, KTI juga disajikan dengan format tertentu yang berkarakteristik sistematis, logis, dan sesuai dengan data serta fakta. Tidak hanya itu, pemateri juga membagikan tips and trick cara penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Selain itu, pemateri juga menyampaikan cara publikasi yang baik dan benar yang dapat diterapkan untuk mendapatkan sebuah karya tulis ilmiah (KTI) dengan hasil yang maksimal. 

Business Lead WICLIN

Pada hari kedua, WICLIN menghadirkan Ronald Justino selaku bussines lead city and market expansion GLINTS. Materi kali ini membahas mengenai bussines plan. Pemateri menyampaikan bahwa business plan merupakan dokumen tertulis yang merangkum keseluruhan tujuan bisnis dan operasional. selain itu juga mencakup tentang bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, hal-hal penting yang harus disertakan dalam bussines plan juga disampaikan dalam materi kali ini. 

Gambar 1. Business Plan WICLIN 2023 oleh Ronald Justino

Dengan adanya pemahaman mendalam tentang materi, kemampuan yang dimiliki, dan juga semangat yang ada dalam diri, mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Laboratorium Medik dapat menghasilkan karya tulis dan bussines plan yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut juga merujuk pada perkembangan bidang ilmu laboratorium medik dan pelayanan kesehatan. Yang mana secara keseluruhan sebagai bentuk kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta dunia bisnis.

BACA JUGA: Seminar Gerakan Vokasi: Peran Agent of Change Berkontribusi dalam Proses Politik

***

Penulis: Kharin Athiya Ulya

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!