VOKASI UNAIR

Abdi Desa HIMA Manajemen Pemasaran Berikan Dampak Positif Pemasaran Digital di Desa Babadan

VOKASI NEWS – Abdi Desa, salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa (Hima) Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) sukses dilaksanakan. Kegiatan tersebut diadakan selama 3 hari berurut-urut, tepatnya pada Kamis (16/11/2023) hingga Minggu (19/11/2023). Acara ini berlangsung di Desa Bababan, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Abdi Desa merupakan program kerja berbasis pengabdian masyarakat. Kegiatan ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat dalam Menghadapi Era Digital”. Abdi Desa dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi Hima Manajemen Pemasaran dalam tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemasaran para warga Desa Babadan, dengan harapan hal tersebut dapat membantu untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan perekonomian desa.

“Abdi Desa ini bertujuan untuk memajukan UMKM di Desa Babadan, khususnya pemasaran di era digital,”

ucap Attencio Centra Fiatiano, selaku Ketua Pelaksana Abdi Desa
Sosialisasi materi Digitalisasi dan Pengembangan Produk pada UMKM di Desa Babadan, Balai Desa pada Kamis (16/11/2023) | Sumber: panitia

Dalam acara ini, diadakan sosialisasi pada hari pertama dengan materi Digitalisasi dan Pengembangan Produk pada UMKM di Desa Babadan yang disampaikan oleh salah satu Dosen Program Studi Manajemen Pemasaran, Vivi Rodliyatuz Zulfa, S.M., M,SM. Sosialisasi disambut dengan antusias oleh warga Desa Babadan, bahkan beberapa warga membawa produk buatannya. Diantaranya terdapat minuman sari nanas dan keripik gothe. Tak berhenti di situ, warga juga aktif bertanya dan meminta testimoni terkait produknya pada saat sesi tanya jawab.

“Kami berharap lebih banyak lagi warga yang melek pemasaran digital, karena di era sekarang semua serba digital dan untuk mengikuti perkembangan zaman warga perlu tau dan belajar mengenai hal ini. Dengan hadirnya kami disana diharapkan warga menjadi lebih berwawasan dan terampil dalam mengolah sosial media mereka untuk memasarkan produk yang mereka miliki,”

ucap Cio

Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan games bersama siswa-siswi SDN 1 Babadan dan jelajah UMKM. Adapun UMKM yang dikunjungi adalah penjual susu sapi, sari nanas, dan keripik. Selanjutnya di hari ketiga kegiatan terbagi menjadi dua acara yaitu, kerja bakti dan jumantik. Di penghujung acara, kegiatan abdi desa ini diakhiri dengan ramah tamah dan pemberian plakat kepada Kepala Desa, Kepala Dusun, Sekretaris Desa, RW, dan RT.

“Acara berjalan lancar dan seru, kami mendapat feedback yang sangat baik dari warga. Warga Desa Babadan antusias menyambut kedatangan kami, mereka juga sangat ramah dan terbuka serta bersedia mengikuti semua program yang telah kami susun sedemikian rupa. Hingga di akhir hari pun warga berdatangan ke lokasi tempat kita tinggal untuk mengucapkan selama perpisahan meskipun waktu itu sudah sangat malam.”

lanjut Cio

[BACA JUGA: National Student Competition HIMA Manajemen Pemasaran]

Penulis: Yuli Umroh Tri Maryana

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!