VOKASI UNAIR

Tax Center UNAIR X BAPENDA Surabaya: Mengurai Peran PBB & BPHTB Dalam Perpajakan yang Adil dan Berkelanjutan

Tax Center X BAPENDA Surabaya: Mengurai Peran PBB & BPHTB Dalam Perpajakan yang Adil dan Berkelanjutan

VOKASI NEWS ­– Tax Center UNAIR berkolaborasi dengan BAPENDA Surabaya sukses menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu.

Berlangsung di Gedung Aula Fakultas Vokasi pada tanggal 5 Desember 2023, kegiatan Tax Center terlaksana dengan sukses dan lancar. Dihadiri oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi UNAIR, serta 100 mahasiswa D3 Perpajakan Fakultas Vokasi UNAIR.

Tidak hanya itu, Bapak Tomi Ardiyanto, AP, S.Sos, M.Si, selaku Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Kota Surabaya dan Ibu Siti Miftachul Jannah selaku Kepala Bidang PBB & BPHTB BAPENDA Kota Surabaya juga turut hadir mendukung kegiatan. Dalam sambutannya, Bapak Tomi berpesan agar kegiatan ini dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengetahui seputar perpajakan dari ahli professional.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menghasilkan ide-ide baru mengenai perpajakan bagi mahasiswa UNAIR,” ucap Bapak Tomi Ardiyanto.

Tax Edu Webinar Series 2023

Seperti yang perlu diketahui, Tax Center UNAIR merupakan sebuah organisasi yang mewadahi informasi seputar perpajakan di lingkungan Universitas Airlangga. Terdapat banyak kegiatan yang dikelola oleh Tax Center UNAIR dalam rangka memberikan informasi terkini mengenai perpajakan. Salah satunya yaitu kegiatan kuliah tamu bagi mahasiswa UNAIR, terutama mahasiswa Fakultas Vokasi.

Kuliah tamu kali ini merupakan kegiatan puncak dari Tax Edu Series 2023. Tax Edu Series 2023 merupakan kegiatan webinar yang telah dilaksanakan setiap bulannya sebanyak 10 kali oleh Tax Center UNAIR. Dengan adanya Tax Edu Series 2023 ini, diharapkan dapat menjadi penghubung antara pemerintah dengan masyarakat terkait perpajakan yang ada di Indonesia.

Kuliah Tamu PBB & BPHTB

Perlu diketahui, kuliah tamu kali ini berkolaborasi dengan BAPENDA (Badan Pendapatan Daerah) Kota Surabaya untuk memberikan ilmu perpajakan dari ahli profesional. Bertemakan “Mengurai Peran PBB & BPHTB Dalam Perpajakan yang Adil dan Berkelanjutan,” materi disampaikan langsung oleh Ibu Siti Miftachul selaku Kepada Bidang PBB & BPHTB BAPENDA Surabaya.

Dalam materinya, Ibu Siti menekankan jika pembayaran pajak yang dikelola oleh PBB & BPHTB sangat berperan penting bagi masyarakat. Uang pajak yang diperoleh dari pajak masyarakat akan mengalami perputaran yang digunakan untuk memperbaiki infrastruktur-infrastruktur yang ada di Surabaya. Oleh karena itu, pembayaran pajak yang dilakukan oleh masyarakat akan kembali lagi bagi kehidupan masyarakat.

BACA JUGA: Abdi Desa HIMA Manajemen Pemasaran di Desa Babadan

Pada intinya, dengan adanya kuliah tamu dari Tax Center UNAIR ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui lebih lanjut mengenai sistem perpajakan yang ada di Indonesia, terutama di Surabaya. Tidak hanya itu, mahasiswa diharapkan mampu memahami peran PBB & BPHTB dalam perpajakan yang adil sesuai dengan peraturan yang ada. Semoga membantu dan tetap semangat ya, Voks!

***

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!