VOKASI UNAIR

Kembangkan Kognitif Anak Sekolah Dasar Melalui Program “Concentrate on Thinking”

VOKASI NEWS – Kemampuan kognitif anak sekolah dasar merupakan bagian penting dari perkembangan mereka. Dalam jangka panjang, kemampuan ini akan berperan besar dalam menentukan keberhasilan mereka dalam belajar dan berinteraksi dengan dunia. Salah satu cara untuk memacu perkembangan kemampuan kognitif anak adalah melalui program “Concentrate on Thinking”. Program ini dirancang oleh kelompok mahasiswa Universitas Airlangga Program Studi D3 Perpustakaan.

Concentrate on Thinking: Melatih Tingkat Konsentrasi Anak

Program ini berfokus pada peningkatan konsentrasi dan daya pikir anak-anak kelas tiga di SDN 1 Ngagelrejo. Melihat usia mereka yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan konsentrasi dan daya pikir yang aktif, program ini dirancang untuk memberikan latihan kognitif yang menantang otak anak-anak agar selalu fokus dalam mencari tahu jawaban. Ada dua metode utama yang digunakan dalam program ini, yaitu melalui permainan teka-teki silang dan menyusun lirik lagu daerah.

Permainan Teka-Teki Silang

Teka-Teki Silang merupakan sebuah games yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat, baik usia dini maupun lanjut usia karena games ini sangat populer pada zaman dahulu. permainan ini dapat menambah pengetahuan anak, karena di dalam games tersebut terdapat sebuah pertanyaan di setiap kotaknya. Pertanyaan tersebut dapat berbentuk vertikal maupun horizontal. Di dalam Teka-Teki Silang tersebut juga disediakan clue jawaban agar memudahkan anak untuk menjawab.

Selain games ini dapat menghibur juga sebagai sarana edukasi terutama untuk kalangan usia sekolah dasar, dimana kelompok mahasiswa prodi D3 perpustakaan memilih sasaran sekolah dasar sebagai tempat penyaluran edukasi yaitu Literasi sebagai sarana penyampaian informasi dengan menggunakan Games Teka-Teki Silang.

Permainan Menyusun Lirik Lagu Daerah

Menyusun Lagu juga merupakan sebuah games yang sangat populer yang biasanya diadakan di acara televisi. Lagu yang di sediakan dalam games ini biasanya menyesuaikan umur yang diikutinya . Dalam games ini sangat butuh konsentrasi tinggi dalam mendengarkan maupun berpikir.

Penyaluran edukasi berupa Menyusun Lagu Daerah sangat cocok untuk menumbuhkan literasi sebagai penyampaian informasi sekaligus mengenalkan kembali Lagu Daerah. Melalui konsentrasi dalam berpikir adalah salah satu penyebaran literasi informasi yang sangat cocok untuk kalangan Sekolah Dasar. Kedua games diatas sangat berkaitan erat dalam menumbuhkembangkan pengetahuan yang sangat luas.

Melalui program ini, anak-anak tidak hanya belajar dan bermain, tetapi juga mengenal lebih dalam lagi tentang kebudayaan daerah mereka sendiri. Melalui lagu-lagu daerah yang hampir punah, program ini membantu anak-anak untuk mengenal dan memahami lebih dalam lagi tentang budaya daerah mereka.

Dengan demikian, program “Concentrate on Thinking” ini tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, tetapi juga dalam melestarikan budaya dan meningkatkan literasi. Ini adalah contoh bagus tentang bagaimana pendidikan dan permainan dapat berjalan seiringan untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Penulis: Nabila Nur R & Puspa Pradianta S

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!