VOKASI UNAIR

Tingkatkan Kreativitas di Bidang Karsa Cipta Melalui Airlangga Innovation Technology Competition 2023

VOKASI NEWS – Airlangga Innovation Technology Competition menjadi salah satu program kerja unggulan yang dilaksanakan oleh HIMATRIK UNAIR. AITC 2023 menyelenggara dua kategori lomba yaitu Innovation Technology Competition dan Lomba Karsa Cipta Nasional. Lomba pertama diperuntukkan untuk siswa SMA/SMK/MA Sederajat. Sedangkan Lomba Karsa Cipta diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi.

AITC 2023 mengusung tema “Meningkatkan Upaya dalam Penanganan Masalah Lingkungan” dan beberapa subtema pada setiap kategori perlombaan. Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi ajang untuk berinovasi untuk menangani permasalahan lingkungan yang ada dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu dapat diimplementasikan juga secara nyata sehingga dapat memberikan solusi terkait masalah lingkungan yang terjadi. 

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi 

Peserta dalam perlombaan ini tidak hanya berasal dari Jawa Timur saja melainkan juga berasal dari luar pulau jawa. Serangkaian acara telah dilalui oleh seluruh peserta hingga tahap Grand Final. Para Finalis akan mempresentasikan prototype dari karya inovatif yang telah diciptakan di hadapan dewan juri. Grand Final AITC 2023 dilaksanakan pada tanggal 16 desember 2023 di Aula Gedung A Fakultas Vokasi Kampus B Universitas Airlangga. 

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Untuk pemenang kategori Lomba Karsa Cipta Nasional, Juara 1 dimenangkan oleh Tim dari Universitas Brawijaya, Juara 2 dimenangkan oleh tim dari Universitas Airlangga dan Juara 3 dimenangkan oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh November. Untuk kategori Innovation Technology juara 1 dimenangkan oleh tim dari SMK 1 Krian, Juara 2 dimenangkan oleh tim dari MAN 1 Lamongan dan juara 3 dimenangkan oleh tim dari MAN 2 Palembang. 

Dengan diselenggarakannya Airlangga Innovation Technology Competition 2023, diharapkan seluruh peserta mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan ide-ide kreatif dan prototype di bidang teknologi yang dapat diterapkan untuk membantu menyelesaikan permasalahan terkait lingkungan yang terjadi di Indonesia. 

Penulis : Widya Andina Rahmawati 

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!