VOKASI UNAIR

Radiology Competition Sebagai Wadah Kreativitas dan Berekspresi Dalam Bidang Kedokteran Nuklir

Radiology Competition 2023 telah sukses diselenggarakan oleh Hima Radiologi Fakultas Vokasi UNAIR.

VOKASI NEWS – Radiology Competition 2023 telah sukses diselenggarakan oleh Hima Radiologi Fakultas Vokasi UNAIR.

Radiology Competition 2023 merupakan program kerja tahunan yang diinisiasi oleh Hima Radiologi Universitas Airlangga. Radcom 2023 tahun ini menyelenggarakan 3 kategori lomba. Salah satunya yakni Poster, Essay, dan Video kreatif yang tentunya bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa dan pelajar di seluruh Indonesia. Radcom 2023 kali ini mengangkat tema “The Future of Nuclear Medicine: Recent Innovations and Breakthroughs”.

Perlu diketahui, Kedokteran Nuklir sendiri merupakan suatu spesialis kedokteran yang menggunakan energi radiasi terbuka dari inti nuklir untuk menilai fungsi suatu organ, mendiagnosis dan mengobati penyakit. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi ajang untuk berinovasi mengenai pengimplementasian Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Selain itu juga dapat mengenalkan ke masyarakat luar mengenai Kedokteran Nuklir yang mana banyak orang yang sampai saat ini belum mengerti. Seperti yang kita ketahui bersama, penggabungan metode kecerdasan buatan dan kesehatan ini menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Hal tersebut mengingat jumlah penduduk kita yang semakin besar jumlahnya.

Partisipan Radiology Competition 2023

Peserta dalam kompetisi ini sangat beragam, tidak hanya diikuti oleh Kampus di Jawa Timur saja ataupun Perguruan Tinggi Negeri, namun ada juga yang dari Provinsi Jawa Tengah dan Perguruan Tinggi Kedinasan. Untuk Pemenangnya sendiri, tiap-tiap cabang perlombaan diambil 2 pemenang yang nantinya akan mendapatkan reward sejumlah uang dan sertifikat.

Gambar 1. Pelaksanaan Technical Meeting

Untuk pemenang kategori Lomba Poster, Juara 1 dimenangkan oleh Universitas Airlangga dan Juara 2 dimenangkan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian Malang. Sedangkan kategori Essay nya juara 1 dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Juara 2 dimenangkan oleh Universitas Airlangga. Kemudian untuk lomba Video Kreatif dimenangkan oleh Universitas Airlangga. Para pemenang ini nantinya akan didelegasikan untuk mengikuti OLIVAIR yang diadakan oleh Fakultas Vokasi di Hall Ternate ASEEC Tower Unair.

Dengan diselenggarakannya Radiology Competition 2023, panitia berharap seluruh peserta mampu merealisasikan pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi pengobatan Kedokteran Nuklir yang ada di Indonesia akan terus dikembangkan agar bisa memajukan dunia kesehatan. Semoga tahun selanjutnya program kerja ini bisa lebih bervariasi untuk cabang perlombaan dan peserta yang mengikutinya.

BACA JUGA: Pelaksanaan PKL D-III Paramedik Veteriner UNAIR di Laboratorium Kesehatan Hewan Surakarta

***

Penulis: Shiroth Nastangin

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!