VOKASI UNAIR

Obscure: Alat Desinfeksi Otomatis Wall Bucky Stand Berbasis Mikrokontroler pada Instalasi Radiologi

Obscure : Alat Desinfeksi Otomatis Wall Bucky Stand Berbasis Mikrokontroler pada Instalasi Radiologi

VOKASI NEWS – Desinfeksi otomatis Wall Bucky Stand sebagai solusi efisien dalam menangani risiko infeksi.

Di instalasi radiologi, terdapat beragam peralatan yang digunakan langsung dengan pasien, salah satunya adalah wall bucky stand yang sering dipakai. Pemeriksaan yang umum dilakukan melibatkan foto thorax pada kasus infeksi sistem pernafasan. Pasien harus ditempatkan dengan tubuh menempel pada wall bucky stand dan dagunya berada di atasnya. Karena potensi risiko penularan infeksi melalui udara yang tinggi dalam proses tersebut, desinfeksi menjadi langkah penting yang perlu diambil.

Proses desinfeksi perlu melibatkan area yang luas. Pada setiap pasien, petugas harus melakukan penyemprotan desinfektan secara manual. Namun, antrian panjang pasien yang menggunakan wall bucky stand menyebabkan ketidakefisienan waktu dan tenaga saat melakukan desinfeksi. Masalah ini dapat diatasi dengan adanya alat desinfeksi otomatis yang sudah terintegrasi pada wall bucky stand.

Alat Desinfeksi Otomatis

Melalui pemanfaatan sensor IR dan mikrokontroler dibuatlah alat desinfeksi otomatis ini. Saat sensor IR mendeteksi orang di depan sensor lalu pasien meninggalkan area bucky stand, maka alat akan otomatis bergerak. Pada penelitian ini membuat inovasi pengembangan alat desinfeksi otomatis wall bucky stand. Alat berfungsi untuk menyemprot meliputi seluruh bagian bucky stand dan juga peletakannya terintegrasi secara langsung pada wall bucky stand. 

Alat ini melakukan penyemprotan sebanyak 9 titik menggunakan lengan robot yang dijalankan oleh mikrokontroler. Penelitian ini adalah mengenai uji fungsi alat desinfeksi otomatis. Sebelum alat desinfeksi otomatis digunakan secara berkala pada pasien, perlu dilakukan uji fungsi dengan agar alat dapat berjalan dengan baik. Uji yang dilakukan adalah uji ketepatan kerja sensor IR, durasi waktu delay penyemprotan, durasi waktu penyemprotan, dan hasil penyemprotan alat.

BACA JUGA: Kunjungan SMA Sejahtera 1 Depok di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pada jarak <80 cm sensor dapat mendeteksi ada dan tidaknya orang di depan bucky stand. Durasi waktu delay mendapatkan hasil dengan rata-rata 6,747 detik. Pemberian waktu delay dilakukan supaya pasien memiliki waktu untuk menjauh dari area bucky stand sebelum alat melakukan proses desinfeksi, Pada alat desinfeksi otomatis ini, waktu penyemprotan yang didapatkan adalah 15,56 detik. Durasi waktu penyemprotan dipengaruhi oleh kerja dari mikrokontroler. Mikrokontroler merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol alat-alat elektronik. Untuk penyemprotan alatnya didapatkan cairan hampir menyeluruh mengenai area bucky stand

Penggunaan Obscure bagi Wall Bucky Stand

Pada penelitian ini melakukan improvisasi alat desinfeksi otomatis, alat ini bernama obscure. Obscure memiliki penggunaan yang lebih baik dikarenakan memiliki penyemprotan sejumlah sembilan kali semprot karena menggunakan lengan robot. Pada durasi waktu delay diberikan lebih lama daripada alat sebelumnya yaitu sekitar 6,474 detik. Durasi tersebut membuat pasien meninggalkan wall bucky stand lebih lama dibandingkan dengan alat sebelumnya yang hanya sekitar 2 detik. Pada durasi waktu penyemprotan yaitu sekitar 15,56 detik dibandingkan alat sebelumnya yaitu sekitar 2 detik. 

Alat ini memiliki kelebihan dikarenakan penempatannya terinstal langsung pada bucky stand sehingga tidak memenuhi ruangan radiologi. Selain itu juga memiliki dua mode yang dapat di atur oleh pengguna yaitu mode automatic dan mode cleaning. Mode automatic yaitu mode untuk menggunakan sensor IR untuk mendeteksi dan menjalankan alat penyemprotan. Mode cleaning hanya melakukan pembersihan secara langsung tanpa menggunakan deteksi sensor IR. Kesimpulannya, Alat ini dapat bekerja dan berjalan untuk melakukan proses desinfeksi otomatis.

***

Penulis: Shintya Ayu Diah Apsari

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!