VOKASI UNAIR

Branding Alumni dan Mahasiswa UNAIR, Optimalisasi Media Era Digital

Potret saat kegiatan branding alumni dan mahasiswa/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Branding alumni dan mahasiswa Universitas Airlangga dilakukan dalam rangka meningkatkan pendapatan.

Lokakarya dalam rangka branding alumni dan mahasiswa dilaksanakan di Ruang Tarumanegara, Lantai 10 Gedung ASEEC Tower. Agenda yang dilaksanakan pada Senin (5/2) tersebut dihadiri oleh Febby Mahendra Putra yaitu direktur pemberitaan tribun network kompas Gramedia.

Lokakarya ini dilakukan guna membranding unair dengan alumni dan mahasiswa menjadi sense of belonging. Agenda ini berjalan lancar sesuai jadwal yang sudah ditentukan dengan beberapa penyampaian materi.

Alumni Branding Project merupakan rancangan untuk branding alumni. Tujuannya untuk menghalau mahasiswa yang mengunggah branding negatif di sosial media. Hal itu perlu adanya respon cepat dan konstruktif dari fakultas maupun dosen. Bisa juga dengan menyediakan jalur penyelesaian konflik secara offline (luring), seperti diskusi tertutup atau mediasi, untuk menjamin musyawarah yang komprehensif.

Konsistensi juga diperlukan agar apa yang telah dibuat dari awal tidak sia-sia. Strategi yang diperlukan yaitu mengembangkan kalender konten untuk menjadwalkan produksi dan unggahan, dan pastikan kepatuhan terhadap panduan yang sudah di buat. Memberikan fasilitas pembuatan konten kolaboratif bersama alumni dengan lebih dulu memberikan panduan dan template konten.

Mempergunakan aplikasi yang sedang trending dan dipergunakan oleh khalayak seperti twitter (X), Instagram, dan Facebook agar jangkauan branding dari Universitas Airlangga kuat serta meningkatkan sense of belonging mahasiswa terhadap almamaternya.

“Identifikasi unique selling point, identifikasi audience, konten, konsistensinya, prestasi apa yang ingin dijual, tentukan platformnya, berdayakan sosial media dan mainstream,” jelas Febby Mahendra Putra selaku Direktur Pemberitaan Tribun Network Kompas Gramedia sekaligus narasumber yang menyampaikan tentang beberapa point tahapan membangun personal branding.

***

Reporter: Ayisya Alexandra

Penulis: Nadhia

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!