VOKASI UNAIR

Proses Pembuatan Minyak Menjadi Bahan Bakar di Bojonegoro

Proses Pembuatan Minyak Menjadi Bahan Bakar

VOKASI NEWS – Bojonegoro menjadi salah satu penghasil minyak yang bermanfaat sebagai bahan bakar terbanyak di Indonesia.

Di daerah Bojonegoro, terutama Malo sekitarnya, terdapat penghasil minyak yang terbanyak karena di bawah tanahnya ada sesuatu yang muncul di bawah permukaan tanahnya. Perusahaan pertamina banyak yang bekerja sama dengan warga malo untuk memproses minyak tersebut menjadi bahan bakar. Warga Malo Bojonegoro memanfaatkan mesin diesel truk yang tak terpakai untuk dijadikan proses pembuatan minyak menjadi bahan bakar. Semua orang tertarik pada proses pembuatan minyak yang ada di malo sekitarnya.

Dalam proses pembuatan minyak harus melalui beberapa tahapan agar bisa menjadi bahan bakar yang seperti bensin, solar dan lain sebagainya. Sejak zaman dahulu kala pada masa kejayaan bangsa belanda, banyak ratusan sumur yang berada di sekitaran daerah Malo. Ratusan sumur peninggalan bangsa belanda masih aktif. Hingga saat ini, ratusan sumur tersebut dikelola warga Malo. Ratusan sumur di gunakan untuk pengambilan minyak yang akan dikelola kembali. Warga Malo memanfaatkan sumur tersebut untuk pembuatan minyak.

Pembuatan Bahan Bakar di Bojonegoro

Cara proses pembuatan minyak menjadi bahan bakar yaitu yang pertama penambang mulai mengambil minyak dari sumur. Kemudian, mereka mengumpulkan minyak tersebut dan selanjutnya minyak tersebut akan diproses dengan menggunakan alat khusus yang bisa dibuat untuk pembuatan minyak. Setelahnya, kemudian minyak tersebut akan dicampurkan dengan bahan kimia yang sudah diolah khusus. Tahap terakhir, minyak ditempatkan ke wadah dan bisa juga di jual.

BACA JUGA: Fakultas Vokasi Menyambut Hangat Kehadiran Bapak Hermawan Kartajaya

***

Penulis : Sarah reghina ardani

Pembimbing : Triubaida Maya Ardianti

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!