VOKASI UNAIR

Festival Bulan Suci Vokasi 2024, “Ramadhan Berkah: Menyatu dalam Kebaikan”

Festival Ramadhan Vokasi 2024, “Ramadhan Berkah : Menyatu dalam Kebaikan"_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Telah sukses diselenggarakannya kegiatan Ramadhan Berkah oleh Fakultas Vokasi UNAIR. Acara yang berlangsung pada Kamis, 4 April 2024 ini mengusung tema “Ramadhan Berkah : Menyatu dalam Kebaikan”. Kegiatan ini diadakan di Fakultas Vokasi, tepatnya di Fasad Vokasi dan Musholla Vokasi. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FV, Wadek I, Wadek II, Wadek III FV UNAIR, Ketua Ikatan Alumni FV, Ketua Departemen FV, Koordinator Program Studi FV, Tendik FV, serta mahasiswa FV.

Kegiatan Ramadhan Berkah ini terdiri dari beberapa kegiatan, seperti Vokasi Mencari Bakat yang didalamnya terdapat lomba kultum dan lagu religi, ceramah oleh Prof. Dr. H. Moh. Ali Aziz, M. Ag, pengumuman juara Vokasi Mencari Bakat, buka bersama,, sholat tarawih bersama, dan bazaar. Acara dibuka pada pukul 15.40 WIB dengan hiburan dari para awardee lomba lagu religi. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan surah Al-Baqarah : 183-186 oleh Haikal selaku mahasiswa FV. Selanjutnya terdapat sambutan oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi.

Sambutan Ramadhan Berkah oleh Dekan FV UNAIR

Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes. selaku Dekan Vokasi menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai peresmian dimulainya penggunaan musholla FV yang terletak di sisi timur FV. Harapannya dapat memberikan warna kepada FV terutama pada datangnya jam sholat. Selain itu, juga dibentuk seksi kerohanian Islam sebagai pengurus takmir musholla FV, sehingga dapat mengelola dan meramaikan mushola FV. 

Tausiyah oleh Narasumber

Tausiyah pada kegiatan ini mengundang Prof. Dr. H. Moh. Ali Aziz, M. Ag, sebagai penceramah. Topik yang dibawakan adalah “Keuntungan Malam Lailatul Qadar”. Dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar dimulai dari setelah waktu Maghrib hingga sebelum waktu Subuh. Beliau mengatakan bahwa yang dicari oleh orang-orang adalah pelipatan malam Lailatul Qadar, seperti beribadah pada sepertiga malam pertama atau beribadah pada sepertiga malam terakhir. Selain itu, isi tausiyah juga membahas mengenai Surah Iqra dan Surah Al-Waqiah. Beliau juga mengajak hadirin tausiyah bersholawat bersama-sama. Tausiyah selesai pada pukul 17.42 dan dilanjutkan dengan doa buka bersama.

Pengumuman Vokasi Mencari Bakat

Kegiatan selanjutnya adalah awarding lomba lagu religi dan lomba kultum. Dari masing-masing lomba, diambil 6 juara sebagai pemenang. Pada lomba lagu religi, juara 1 diraih oleh Shofi Lazuya Putri dari D4-TKG, juara 2 diraih oleh Siti Nur Aisyah dari D4 TLM, juara 3 diraih oleh Diva Firnanda Azzahra dari D4 TI, juara harapan 1 oleh Ana Rahmah Al-Faizah dari D4 TKG, juara harapan 2 oleh pasangan Magfirah Dwi Fitri dan Despa dari D3 Keperawatan, dan juara harapan 3 oleh K3 Band dari D4 K3.

Pada lomba kultum, juara 1 diraih oleh Endang Fitriyah Mannan dari D4 KID, juara 2 diraih oleh M. Toni Akhiyat dari D3 Keperawatan, juara 3 diraih oleh Dr. Andi Estetiono, S.E., M.M, dari D4 PK, juara harapan 1 oleh Esti Putri Anugrah, S.IIP., MA dari D4 KID, juara harapan 2 oleh Novianto Edi Suharno, SST.Par., M.Si dari D4 DP, dan juara harapan 3 oleh Moh. Sugiyanto dari D4 TRP. 

BACA JUGA: Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis Magang Kerja di RSUD Gambiran Kediri

Setelah pengumuman lomba juara, acara dilanjutkan dengan Sholat Maghrib lalu buka bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah di Musholla Fakultas Vokasi.  

***

Penulis:  Haly Nur Cahyawan 

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!