VOKASI UNAIR

PKL di Delta Dental Laboratorium: Tempat Belajar Profesi Tekniker Gigi

VOKASI NEWS – Delta Dental Laboratorium, salah satu laboratorium dental yang berada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, telah mengikuti perkembangan teknologi di bidang Kedokteran Gigi. Fasilitas yang dimiliki oleh laboratorium ini meliputi CAD CAM, 3D Printing, Intraoral Scanner, dan bahan zirconia dan lumex. Penulis pun merasa senang dan bangga karena diberikan kesempatan untuk belajar meski lokasinya jauh dari tempat tinggal.

Aktivitas PKL di Delta Dental Laboratorium

Praktik Kerja Lapangan (PKL) telah dilakukan pada tanggal 26 Juni – 15 Juli 2023 selama 3 minggu. Pada minggu pertama, penulis beserta kelompok melakukan pengenalan lingkungan sekitar dan pembagian divisi. Penulis diberi kesempatan melakukan PKL di 3 divisi, yaitu divisi design wax, divisi removable (lepasan), dan divisi porcelain. Penulis dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari lebih jauh tentang profesi tekniker gigi. Tak hanya mengamati, penulis diberi kesempatan untuk membantu mengerjakan tugas-tugas ringan seperti pembuatan coping wax crown, Hawley retainer, dan restorasi Porcelain Fused to Metal (PFM).

Dokumentasi Pribadi : Staining dan Glazing Veneer Emax

Dokumentasi Pribadi : Staining dan Glazing Veneer Emax

Pada minggu kedua, penulis melakukan kegiatan pembuatan coping wax bridge, plat, galgit, dan fixed retainer lingual di divisi design wax dan removable (lepasan). Pada divisi porcelain, penulis tak hanya melakukan wash atau slurry dan opaque, namun juga berdiskusi dan bertanya kepada teknisi gigi tentang teknik aplikasi porcelain, zirconia, dan lumex. Dengan berbagai jawaban yang diberikan oleh teknisi gigi, penulis pun semakin menambah wawasan tentang profesi tekniker gigi.

Di minggu ketiga, penulis melakukan kegiatan diskusi dan wawancara pengenalan implan gigi kepada Mas Ipul selaku kepala divisi design wax. Dengan telah dilakukannya Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 3 Minggu di Delta Dental Laboratorium, penulis telah mendapatkan ilmu baru dan gambaran terkait profesi Tekniker Gigi serta prospek kerja yang menjanjikan untuk kedepannya. Berpartisipasi dalam PKL di Delta Dental Lab, penulis mendapatkan pembelajaran yang berharga mengenai profesi tekniker gigi yang dapat menambah keahlian dan pengetahuan.

Penulis: Laura Berlina Setia Antoro

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!