Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39
Memahami Persepsi Konsumen Terhadap Variasi Paket Internet Telkomsel - Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Memahami Persepsi Konsumen Terhadap Variasi Paket Internet Telkomsel


Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

VOKASI NEWS – Persepsi konsumen merupakan proses dimana konsumen memilih, mengatur, dan menerjemahkan sebuah informasi untuk menciptakan sebuah gambaran. Terciptanya persepsi selain dari rangsangan fisik juga terdapat hubungan terhadap bidang yang mengelilinginya. Penting untuk memahami persepsi konsumen karena akan menentukan terjadinya keputusan pembelian. 

BACA JUGA: Pembetulan SPT Sebagai Upaya untuk Mengatasi Kesalahan Pelaporan Pajak

Seperti Telkomsel sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dibidang telekomunikasi yang melakukan inovasi dengan melakukan diferensiasi produk. Dengan menciptakan variasi paket internet, perusahaan perlu memperhatikan kesinambungan antara produk yang ditawarkan paket internet dengan persepsi konsumen. 

Aspek yang Kerap Menjadi Bahan Pertimbangan Konsumen

Dalam keputusan pembelian paket internet didasari dari kebutuhan internet dengan jenis paket internet yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Di dalam paket internet sendiri terdapat beberapa aspek yang dipikiran konsumen sebelum terjadi pembelian yaitu:

  1. Masa aktif internet. Tidak semua pelanggan melakukan pembelian paket internet untuk bulanan saja tapi ada kategori mingguan bahkan 3 hari atau 1 hari. 
  2. Kuota internet yang ditawarkan. Kebutuhan internet konsumen yang berbeda-beda ditawarkan mulai dari 1 GB hingga lebih dari 25 GB.
  3. Penawaran lainnya. Penawaran selain internet itu sendiri, misalnya akses layanan streaming gratis 30 hari atau gratis sms dan telpon dengan durasi.
  4. Harga paket internet. Nilai yang harus dibayarkan konsumen untuk jumlah kuota internet, masa aktif dan penawaran lain sesuai dengan yang didapatkan konsumen. 

Kategori Paket Internet Telkomsel

Terdapat 4 produk paket internet Telkomsel yang paling menarik untuk dibahas yaitu paket internet sakti, internet OMG!, GigaNet dan Ilmupedia. Sebelum menganalisis persepsi konsumen dijelaskan spesifikasi produk dan harga dari keempat paket internet tersebut:

  1. Internet Sakti menawarkan pilihan masa aktif selama seminggu dan sebulan. Kuota internet mulai dari 1.5 GB hingga 20 GB dengan pemisahan kuota internet utama dan kuota internet nonton. Penawaran lain yang diberikan yaitu gratis berlangganan prime video mobile selama 30 hari. Harga yang diberikan mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 50.000.
  2. Internet OMG! menawarkan pilihan masa aktif bulanan saja. Kuota internet mulai 5 GB hingga 62 GB dengan pemisahan kuota internet utama dan kuota internet nonton. Penawaran lain yang diberikan yaitu gratis berlangganan prime video mobile selama 30 hari. Harga yang diberikan mulai dari Rp 47.000 hingga Rp 219.000.
  3. GigaNet menawarkan pilihan masa aktif untuk mingguan dan bulanan. Kuota internet mulai dari 26 GB hingga 95 GB tanpa pemisahan kuota internet. Tidak ada penawaran lain yang diberikan untuk paket internet ini. Harga yang diberikan mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 146.000.
  4. Ilmupedia  menawarkan pilihan masa aktif yang variatif mulai dari 1 hari, 3 hari, 7 hari dan 30 hari. Kuota internet yang ditawarkan mulai dari 1 GB hingga 28 GB dengan ketentuan internet hanya bisa diakses untuk aplikasi belajar. Harga yang diberikan mulai dari Rp 1.100 hingga Rp 40.000. 

Persepsi Pelanggan Telkomsel Menurut Empat Aspek Kebutuhan Konsumen

Gambar 1. Perceptual Map Paket Internet Telkomsel

Dari hasil analisis MDS terbentuk perceptual map untuk melihat kemiripan antara keempat paket. Ditemukan kemiripan paket Internet Sakti dengan paket Internet OMG! terhadap aspek penawaran lainnya. Kedua paket tersebut mendapatkan penawaran yang sama yaitu berlangganan layanan streaming aplikasi Prime selama  30 hari. Dilihat dari kedua paket tersebut, kuota internet paket keduanya dipisah menjadi dua yaitu kuota internet utama dan kuota aplikasi. 

Kuota internet utama digunakan untuk mengakses internet secara bebas sedangkan kuota aplikasi untuk layanan aplikasi streaming, chat dan social media. Dari perceptual map juga ditemukan bahwa Internet Sakti dan Ilmupedia berdekatan dengan aspek kuota internet dan harga paket internet. Dilihat dari kedua paket memiliki variasi harga dan kuota internet yang lebih beragam dibandingkan dengan paket internet yang lain. 

Meskipun keduanya memiliki kemiripan kuota internet dan harga paket internet tetapi kegunaan kedua paket tersebut sangat berbeda. Kuota paket internet Ilmupedia disegmentasikan khusus mengakses aplikasi pembelajaran. Untuk paket Internet Sakti menggunakan kuota internet secara umum dapat digunakan ke semua aplikasi seperti aplikasi streaming, chat, media sosial.

Maka dilihat dari persepsi konsumen, Telkomsel dapat mengeliminasi salah satu paket diantara paket internet OMG! atau Internet Sakti. Untuk memudahkan pelanggan dalam memutuskan pembelian sesuai dengan kebutuhan dan perusahaan dapat mengerucutkan segmen pasar ke satu paket internet saja.

***

Penulis: Dwi Ratna Yulianti

Editor: Puspa Anggun Pertiwi