Peran Emotional Labor dan Intelligence pada Kinerja Hotel Surabaya

Peran Emotional Labor dan Intelligence pada Kinerja Hotel Surabaya_Google

Vokasi News – Analisis Pengaruh Emotional Labor & Emotional Intelligence Terhadap Job Performance dalam Mengatasi Job Stress di Hotel Bintang 5 Surabaya

Dunia perhotelan dikenal sebagai salah satu industri yang menuntut pelayanan prima di tengah tekanan kerja yang tinggi. Karyawan hotel bintang lima di Surabaya harus mampu menjaga performa kerja meski menghadapi tekanan emosional dan tuntutan layanan yang konsisten. Penelitian ini menyoroti dua faktor penting yang berperan dalam menghadapi situasi tersebut: emotional labor (kerja emosional) dan emotional intelligence (kecerdasan emosional).

Hubungan antara emotional labor dengan dua indikator “surface acting & deep acting” terhadap job stress di hotel Bintang lima surabaya

Tindakan “surface acting” dalam emotional labor, yaitu berpura-pura senyum atau ramah meski sedang tertekan. Hal tersebut meningkatkan stres kerja karyawan yang bekerja di hotel Bintang 5 surabaya. Penelitian ini melibatkan 139 responden yang bekerja di 11 hotel bintang lima di Surabaya dengan tingkatan jabatan (trainee, casual, daily worker, staff). Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM-PLS untuk menganalisis hubungan antar variabel. Selain surface acting, studi ini juga meneliti deep acting, karyawan benar-benar berusaha menyesuaikan emosi internal mereka agar lebih tulus saat melayani tamu.

Hubungan antara emotional intelligence terhadap job stress di hotel Bintang lima Surabaya

Meskipun emotional intelligence tidak terbukti menurunkan job stress secara signifikan, kecerdasan emosional tetap berperan penting dalam meningkatkan performa kerja secara langsung. Hal yang menarik job stress sendiri ternyata tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap job performance. Artinya, meskipun karyawan mengalami stres, hal itu tidak secara langsung menurunkan kinerja mereka. Mereka masih bisa mempertahankan standar pelayanan yang tinggi.

[BACA JUGA: Menyelami Kehidupan Desa: Pesona Live-In Experience di Punten, Kota Batu]

Hasil hubungan emotional labor & emotional intelligence terhadap job performance untuk mengatasi job stress

Baik emotional labor maupun emotional intelligence terbukti punya pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja karyawan hotel. Meskipun tidak melalui jalur job stress sebagai perantara. Hasil temuan ini memperlihatkan bahwa penting sekali bagi manajemen hotel untuk tidak hanya fokus pada pelatihan teknis, tetapi juga perlu memberikan perhatian pada pelatihan pengelolaan emosi dan kesejahteraan mental. Dengan memahami betapa pentingnya peran emosi dalam kerja pelayanan, hotel bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif.

***

Penulis: Dinda Ayudya Kuncoro

Editor: Habibah Khaliyah