VOKASI NEWS – Abdi desa oleh HIMA Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi UNAIR di Kabupaten Jombang.
Abdi Desa merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa (HIMA) Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang berlangsung selama tiga hari, dari Jumat (11/10/2024) hingga Minggu (13/10/2024) di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Program ini mengusung tema “Strategi Branding Produk Melalui Penerapan Komunikasi Visual”. Adapun tujuan dari program ini adalah meningkatkan keterampilan pemasaran produk warga desa, mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pengembangan ekonomi desa.
Sosialisasi Strategi Branding Produk

Pada hari kedua, sosialisasi tentang strategi branding produk disampaikan oleh dosen Program Studi Manajemen Pemasaran, Vivi Rodliyatuz Zulfa, S.M., M.SM. Warga desa menyambut sosialisasi ini dengan antusias. Mereka membawa produk lokal seperti jamu, permen susu, dan keripik. Warga juga aktif bertanya dan meminta saran terkait kemasan produk untuk meningkatkan daya tarik produk mereka.
Kegiatan Bersih Desa dan Interaksi Bersama Anak-Anak
Pada hari ketiga, rangkaian kegiatan dimulai dengan acara bersih desa pada pagi hari. Kegiatan itu dilanjutkan dengan sesi interaktif bersama anak-anak. Materi yang disampaikan meliputi public speaking dan presentasi diri untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka.
BACA JUGA: KNV 2024, Kolaborasi 3 Bidang Soroti Potensi Kecerdasan Buatan Era Digital
Penutupan dan Apresiasi kepada Warga Desa
Kegiatan Abdi Desa diakhiri dengan sesi ramah tamah dan pemberian plakat serta bingkisan kepada Kepala Desa sebagai bentuk apresiasi.
“Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dan seru. Antusiasme warga luar biasa, bahkan di tengah hujan deras mereka tetap mendatangi balai desa untuk berpamitan,” ujar Setyawan Ahmadi, Ketua Pelaksana Abdi Desa.
***
Penulis : Baahirotun Nisa’
Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR