VOKASI UNAIR

Acara Puncak Kompetisi Desain Web (HIMASI Web Design Competition), HIMA D3 Sistem Informasi Kenalkan Prodi ke Siswa

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Diploma Sistem Informasi (HIMASI) Universitas Airlangga kembali menggelar HIMASI Web Design Competition (HIEDESCOM). Tahun ini merupakan kali ke-empat terselenggaranya HIEDESCOM. Kegiatan tahunan tersebut diikuti oleh pelajar tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia. Mengingat keadaan masih pandemi, HIEDESCOM 2021 diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting.

“HIMASI Web Design Competition ini bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa dalam bidang teknologi. Kegiatan ini juga sebagai media untuk mengenalkan Program Studi D3 Sistem Informasi”, ungkap Andika Surya Rahmad selaku Ketua HIEDESCOM 2021. Pada pelaksanaan kali ini, HIEDESCOM 2021 mengusung tema “Developing Technology with Indonesia’s Culture”. Maksud dari tema tersebut, yaitu kurangnya kepedulian generasi muda terhadap kebudayaan yang ada di Indoneisa. Padahal, kebudayaan bisa luntur dan hilang jika tidak dijaga dan dilestarikan.

“Untuk itu, kekayaan budaya yang dimiliki perlu diimplementasikan ke berbagai bidang, salah satunya bidang IPTEK. Sehingga, tidak hanya pintar dalam teknologi, tetapi turut berperan dalam melestarikan dan mengenalkan budaya Indonesia,” tutur Andika.

Potret zoom meetings “Presentasi Final HIEDESCOM (HIMASI Web Design Competition)”

pada Minggu (10/10/2021)

Setiap tim terdiri maksimal 3 orang. Terdapat 24 tim yang lolos pada penyisihan tahap I. Seleksi lomba dilakukan oleh beberapa dosen prodi D3 Sistem Informasi. Tercatat, ada 10 tim yang lolos babak grand final, yakni SMK TI Bali Global Jimbaran, SMA Bangun Insan Mandiri, SMKN 1 Cerme – Gresik, SMKN Telkom Sidoarjo, SMKN 4 Bandung, SMK Telkom Malang, SMKN 7 Semarang, SMKN 1 Ciamis, SMA Muhammdiyah 12 Jakarta dan SMKN 1 Depok. Uniknya, pada babak grand final, peserta hanya diberi waktu kurang lebih 24 jam untuk membuat desain web tahap II.

Setelah melalui beberapa penilaian, pada tanggal 17 Oktober 2021 dilaksanakan pengumuman juara melalui Instagram @hiedescom2k21. Juara pertama diraih oleh SMKN Telkom Sidoarjo, disusul SMK TI Bali Global Jimbaran dan SMKN 4 Bandung di posisi ketiga. Sedangkan, juara favorit diraih oleh SMK Telkom Malang. Andika berharap kegiatan tersebut dapat menampung ide, serta meningkatkan minat dan bakat siswa untuk tetap berkarya meskipun masih dalam kondisi pandemi seperti ini. “Semoga pada tahun – tahun berikutnya kegiatan ini dapat terlaksana dan terus berinovasi menjadi lebih baik,” pungkasnya.

 

Penulis: Farah Salsabila M dan Annisa Aristawati

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori