VOKASI NEWS – PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service) merupakan model analisis yang digunakan untuk memperoleh permasalahan yang lebih spesifik (Nurmajiyah & Dewi, 2018). Menganalisis suatu sistem biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek, antara lain Performance (Kinerja), Information (Informasi), Economic (Ekonomi), Control (Pengendalian), Efficiency (Efisiensi), dan Service (Pelayanan). Analisis PIECES memiliki kerangka komprehensif untuk menganalisis suatu sistem. Hal ini dapat digunakan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi dan mengevaluasi sistem informasi yang telah berjalan. Analisis PIECES dapat menangkap gejala permasalahan utama.” Metode ini menggunakan enam variabel evaluasi, antara lain:
Performance (Kinerja)
Mengevaluasi proses atau prosedur yang memungkinkan untuk diperbaiki. Kinerja diukur dari:
- Throughput, ialah jumlah pekerjaan/output (keluaran)/kiriman yang dapat dikerjakan/diperoleh pada waktu tertentu.
- Waktu respon diperlukan untuk menyelesaikan serangkaian aktivitas untuk memperoleh keluaran/ hasil tertentu.
Information (Informasi)
Mengevaluasi kembali prosedur yang berlaku saat ini masih memiliki ruang untuk peningkatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan. Informasi yang dipresentasikan harus memiliki nilai kegunaan yang dapat diukur dengan:
- Output (Keluaran), yakni hasil pengolahan
- Input (Masukan) merupakan sumber data yang kemudian diolah menjadi informasi yang berguna.
Economic (Ekonomi)
Mengevaluasi kembali prosedur yang sedang berlaku saat ini masih memiliki potensi untuk meningkatkan kegunaannya atau mengurangi biaya pelaksanaannya.
Control (Pengendalian)
Mengevaluasi kembali prosedur yang tersedia bisa diperbaiki, dengan demikian pengendalian semakin meningkat dalam kualitasnya, dan kapabilitasnya dalam mendeteksi kesalahan/fraud semakin baik.
Efficiency (Efisiensi)
Mengevaluasi apakah prosedur yang ada masih bisa ditingkatkan kembali sehingga efisiensi operasional dapat terlaksana dan sebaiknya lebih unggul dibandingkan sistem manual.
Service (Pelayanan) Terhadap PIECES
Kualitas suatu sistem biasanya dilihat dari pelayanannya (Sintawati & Hartati, 2020). Laporan ini mengukur prosedur yang tersedia jika masih bisa ditingkatkan kembali untuk meningkatkan kualitas layanan. Hal ini menjadikan kualitas layanan sangat ramah pengguna bagi pengguna dan pelanggan.
Secara keseluruhan aspek Performance (Kinerja), Information (Informasi), Economic (Ekonomi), Control (Pengendalian), Efficiency (Efisiensi), dan Service (Pelayanan), sistem klaim jaminan pensiun berkala sudah cukup baik namun pada beberapa aspek masih perlu adanya pembenahan/perbaikan kembali, agar sistem klaim jaminan pensiun berkala menjadi seoptimal mungkin dan menjadi efektif serta efisiensi waktu.
BACA JUGA: Peran Anggaran Dalam Mengoptimalkan Kinerja Perusahaan
***
Penulis: Fauzan Denandra
Editor: Puspa Anggun Pertiwi