VOKASI NEWS – Mengetahui lebih dalam penggunaan kosakata buku cerita “Car’s Journey to the City” yang efektif bagi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak berdasarkan CEFR.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kosakata dan penggunaan kata kerja dalam buku cerita bergambar “Car’s Journey to the City.” Analisis dilakukan berdasarkan Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (Common European Framework of Reference for Languages atau CEFR). Metode ini digunakan untuk menentukan tingkat kosakata yang sesuai dan jenis kata kerja yang digunakan. Buku cerita bergambar ini ditujukan untuk pembaca muda dan mengintegrasikan bahasa sederhana serta ilustrasi yang hidup untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan kombinasi metode observasional dan analisis dokumen untuk mengategorikan kosakata dan kata kerja yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosakata dalam buku ini mencakup tingkat CEFR dari A1 hingga C1. Hasilnya menunjukkan penggunaan dominan pada kata-kata tingkat A1, yang mencapai 62% dari total kosakata. Selain itu, analisis mengidentifikasi tiga jenis kata kerja yang digunakan dalam buku ini: kata kerja tindakan (63%), kata kerja bantu (13%), dan kata kerja penghubung (24%).
Tingkat Kosakata Buku Cerita
Kosakata dalam buku “Car’s Journey to the City” tersebar dari tingkat A1 hingga C1 menurut standar CEFR. Tingkat A1 adalah tingkat dasar di mana pembelajar dapat memahami dan menggunakan ekspresi sehari-hari dan frasa yang sangat dasar. Dengan 62% dari total kosakata buku berada di tingkat A1, buku ini jelas dirancang untuk pembaca muda yang baru belajar bahasa Inggris.
BACA JUGA: [Melangkah Maju di Industri Perhotelan Melalui Kegiatan Magang Hospitality]
Meskipun sedikit sulit, penggunaan kosakata dari tingkat B1 hingga C1 menunjukkan bahwa buku ini juga menawarkan tantangan linguistik. Hal tersebut yang dapat membantu memperluas kemampuan kosakata pembaca muda. Dengan cara ini, pembaca didorong untuk belajar dan memahami kosakata yang lebih kompleks seiring dengan peningkatan kemampuan bahasa mereka.
Penggunaan Kata Kerja dalam Pembelajaran
Analisis lebih lanjut mengungkapkan penggunaan kata kerja dalam buku ini. Dari tiga jenis kata kerja yang diidentifikasi, kata kerja tindakan mendominasi dengan 63%. Kata kerja tindakan, seperti berlari, melompat, dan mendorong sangat penting dalam cerita anak-anak. Hal tersebut karena anak-anak kerap menggambarkan tindakan dan kejadian, membuat cerita lebih hidup dan menarik.
Kata kerja bantu, yang mencapai 13%, digunakan untuk membentuk berbagai tenses dan nuansa makna dalam kalimat. Misalnya, kata kerja bantu seperti “akan” atau “telah” membantu pembaca mudah memahami konsep waktu dan aspek dalam bahasa Inggris. Kata kerja penghubung, yang mencapai 24%, digunakan untuk menghubungkan subjek dengan informasi lebih lanjut tentang subjek tersebut. Penggunaan kata kerja penghubung ini membantu anak-anak memahami struktur kalimat yang lebih kompleks dan bagaimana ide-ide dihubungkan dalam bahasa.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku “Car’s Journey to the City” secara efektif menggabungkan kosakata dasar dan bentuk kata kerja esensial. Secara tidak langsung menjadikannya alat pendidikan yang berharga bagi pembelajar bahasa Inggris muda. Dengan dominasi kosakata tingkat A1, buku ini cocok untuk pemula. Sementara penggunaan kosakata tingkat B1 hingga C1 memberikan tantangan tambahan yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan bahasa. Penggunaan yang seimbang dari kata kerja tindakan, bantu, dan penghubung juga mendukung pemahaman anak-anak tentang berbagai jenis kata kerja dan penggunaannya dalam kalimat.
Laporan ini berkontribusi pada pemahaman tentang kompleksitas bahasa dalam buku cerita bergambar pendidikan dan menyoroti pentingnya pemilihan kosakata dan kata kerja yang disesuaikan untuk meningkatkan akuisisi bahasa. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik, memberikan dasar yang kuat bagi pembelajaran bahasa Inggris yang efektif bagi pembaca muda.
***
Penulis: Mario Bintang Ramadhan
Editor: Puspa Anggun Pertiwi