Dua Mahasiswa D-4 Manajemen Perhotelan Bahas Potensi Artificial Intelligence pada Sektor Pariwisata di Konferensi Nasional Vokasi 2023

VOKASI NEWS – Dua mahasiswa D-4 Manajemen Perhotelan, Didar Putra dan Bisma Adi Galih, mengikuti sesi presentasi paper Konferensi Nasional Vokasi 2023 yang diadakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Mereka membahas tentang strategi branding dan potensi artificial intelligence pada sektor pariwisata. Keduanya juga mendapat kesempatan menjawab beberapa pertanyaan dari dewan juri.

Pada pertanyaan yang ditanyakan kepada tim Bisma Adi Galih mengenai penggunaan artificial intelligence di daerah-daerah, Bisma mengatakan bahwa di provinsi Jawa Timur di sektor pariwisata, penggunaan AI sangat dibutuhkan. Chatbot AI memiliki tingkat pemrosesan bahasa alami yang cepat merespons dan menganalisis ulasan wisatawan, memberikan wawasan berharga bagi penyedia layanan.

Selain itu, Didar juga mendapat pertanyaan dari dewan juri mengenai bagaimana menarik wisatawan untuk berkunjung ke web virtual yang diinovasikan olehnya.

“Virtual Website Triwulan ini sebuah alat pengenal yang berupa nama atau simbol yang mempengaruhi proses pemilihan suatu barang atau jasa yang membedakannya dari produk pesaing dan memiliki nilai bagi pembeli dan penjualnya, rancangan tampilan situs web tur wisata virtual trowulan ini dapat memudahkan para wisatawan untuk mengetahui tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi, dan untuk menarik perhatian masyarakat akan diberikan hadiah seperti doorprize untuk pemenang setelah menyelesaikan kuis,” jawab Didar.

Menurut Didar dan Bisma, sesi presentasi merupakan hal yang sangat berkesan karena dapat mendapat perspektif baru dari berbagai sudut yang berbeda dari dewan juri di Konferensi Nasional Vokasi 2023.

Potensi Artificial Intelligence pada Sektor Pariwisata

Penggunaan artificial intelligence atau kecerdasan buatan di sektor pariwisata memiliki potensi yang sangat besar. Dalam era digital seperti sekarang ini, peran AI sangatlah penting untuk memudahkan aktivitas pariwisata. AI dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai platform digital, melakukan analisis data, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pariwisata.

Chatbot AI yang telah dikembangkan juga dapat membantu para wisatawan dalam melakukan reservasi hotel, tiket pesawat, dan tiket atraksi wisata. Selain itu, teknologi AI juga dapat digunakan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan menarik bagi para wisatawan.

Penulis: Penulis: Aulliya Dwi Armita

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga