VOKASI NEWS – Dalam rangka mendukung program kerja Departemen Personalia, HIMA Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi UNAIR melaksanakan tiga agenda sekaligus dalam satu waktu. Ketiga agenda tersebut diantaranya adalah studi banding, upgrading, dan business visit. Beberapa tahun terakhir ketiga program kerja ini dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya Pandemi Covid-19. Namun, karena dirasa keadaan pada tahun ini sudah cukup membaik, ketiga agenda ini pun kembali dilaksanakan secara luring. Studi banding, upgrading, dan business visit tahun ini dilaksanakan dua hari satu malam di sebuah kota yang di juluki Kota Batik, yaitu Kota Solo.
Studi Banding
Pada hari Senin, tepatnya tanggal 26 Juni 2023, rombongan pengurus HIMA Manajemen Pemasaran Unair berkumpul di depan Gedung Pascasarjana dan berangkat menuju Solo pada pukul 05.30. Kegiatan ini diikuti oleh 46 pengurus HIMA dan 1 dosen pendamping. Sesampainya di Solo, kegiatan yang pertama kali dilakukan adalah studi banding. Adapun kunjungan studi banding dilaksanakan bersama HMPS Manajemen Pemasaran UNS.
Kegiatan studi banding ini mengusung tema “Marketing in Solidarity”. Tujuannya untuk menjalin hubungan baik, menguatkan solidaritas dan kolaborasi antara HIMA MP Unair dengan HMPS MP UNS. Dengan adanya agenda studi banding ini, diharapkan HIMA MP Unair dengan HMPS MP UNS dapat saling mendukung, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam untuk meningkatkan kinerja organisasi.
Kegiatan studi banding diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNS, Hymne Unair, dan Mars Mahasiswa. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pemaparan program kerja dari HIMA MP Unair maupun HMPS MP UNS, ice breaking, FGD (Forum Group Discussion), penyerahan cinderamata, Ishoma dan diakhiri dengan campus tour. Setelah kegiatan berakhir, rombongan HIMA MP melanjutkan perjalanan menuju penginapan untuk beristirahat dan melakukan pembekalan untuk kegiatan business visit.
Upgrading
Keesokan harinya (27/06/2023) dilaksanakan agenda kedua, yaitu upgrading. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membentuk keharmonisan dalam lingkungan internal serta bonding antar anggota. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 06.00 diawali dengan senam pagi, pembagian kelompok hingga diakhiri dengan beberapa games.
Business Visit
Setelah kegiatan upgrading usai, tibalah pada agenda terakhir, yaitu business visit. Business visit dilaksanakan di Pasar Gede Harjonagoro, Surakarta. Tujuan kegiatan ini ialah mengenalkan anggota HIMA MP bagaimana cara UMKM daerah dapat survive dan tetap berjualan setelah Pandemi Covid-19. Harapannya, anggota HIMA MP dapat mendapatkan pelajaran secara langsung bagaimana proses penjualan di lapangan hingga muncul pembelian. Kegiatan dimulai pukul 13.30 hingga pukul 17.00, sekaligus disediakan waktu luang untuk membeli oleh-oleh. Pada pukul 17.00 rombongan pengurus HIMA MP melakukan perjalanan untuk kembali ke Surabaya.
Usai sudah ketiga agenda tersebut, semua kegiatan berjalan dengan lancar, dengan estimasi waktu yang tepat dan mendapatkan apresiasi baik. Melalui serangkaian kegiatan ini, diharapkan dapat memperkuat solidaritas antaranggota, memahami pentingnya berbagi pengetahuan, mengembangkan koneksi, meningkatkan kompetensi di dibidang pemasaran, dan terus belajar. Dengan semangat baru yang diperoleh dari pengalaman ini, HIMA Manajemen Pemasaran Unair diharapkan dapat dengan sigap menghadapi tantangan yang ada dan mendorong keunggulan pemasaran di lingkungan kampus dan di dunia bisnis secara luas.
Penulis : Yuli Maryana