VOKASI NEWS – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja siswa-siswi SMK dalam menghadapi dunia kerja, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud tahun 2021 membuat program baru yakni program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK). Sasaran dalam program ini sebanyak 901 SMK di Indonesia.
Program SMK Pusat Keunggulan memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lain.
Adapun target dari program SMK-PK ialah meningkatkan kualitas dan kinerja, menciptakan pusat peningkatan kualitas dan kinerja dan menjadi inspirasi, menghasilkan lulusan yang siap kerja, dan tercapainya keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh.
Dengan tujuan dan target program SMK-PK, perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga turut terlibat didalam program tersebut. Salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yaitu Universitas Airlangga. Pada program ini, Fakultas Vokasi menjadi salah satu pendamping dalam program SMK-PK di 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu di SMKN 1 Takengon, SMKN 4 Jember, SMKS Muh. 8 Siliragung, SMKN 8 Surabaya, SMKS Pariwisata Satya Widya, SMK Negeri 1 Rejotangan, SMK Bakti Indonesia Medika, dan SMKN 1 Tanjung Selor.
Fakultas Vokasi mengirimkan beberapa dosen yang memiliki keahlian dan kompeten di bidangnya. Dosen – dosen tersebut dari departemen bisnis, kesehatan, dan teknik. Dosen yang turut serta dalam program SMK-PK diharapkan bisa membantu dalam pencapaian tujuan dari program tersebut.
Kegiatan pendampingan program SMK-PK berjalan sejak bulan Agustus tahun 2021, setelah penetapan kerjasama dengan kemendikbud yang berlangsung pada tanggal 19 Juli 2021.
Adapun bentuk pendampingan yang dilakukan dalam program SMK-PK, yaitu:
- Koordinasi dengan unit/dinas terkait,
- Pendampingan pemenuhan delapan standar nasional Pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja,
- Fasilitasi dan/atau pelatihan pelaksanaan in house training (IHT),
- Fasilitasi implementasi pembelajaran berbasis komunitas,
- Pendampingan kepala sekolah di SMK dalam pelaksanaan program,
- Pendampingan penggunaan teknologi bagi kepala sekolah dan guru, dan
- Penyusunan, pemantauan, evaluasi, dan pelaksanaan tindak lanjut capaian pembelajaran.
Pendampingan yang diberlakukan memiliki tujuan untuk membantu SMK untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan dari program SMK Pusat Keunggulan, membantu dalam analisa kekuatan dan kelemahan, dan juga pengembangan potensi sumber daya manusia atau yang lain yang berada di SMK Pusat Keunggulan. Pendampingan ini juga diharapkan bisa membantu dalam mencapai tujuan Program SMK Pusat Keunggulan dan membantu dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan program SMK Pusat Keunggulan.