VOKASI NEWS – Brand Engagement dapat dikatakan sebagai sebuah tingkat motivasi yang dimiliki oleh pelanggan. Tujuannya untuk dapat berinteraksi dengan suatu merek terlepas dari sekedar transaksi jual beli.
Kini dengan semakin popularnya media sosial, membuka kesempatan bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan brandnya melalui upaya brand engagement. Memanfaatkan platform media sosial Instagram dapat memaksimalkan brand engagement melalui interaksi dengan postingan yang berupa komentar, like, share, sampai dengan save.
Latar Belakang
Berdasarkan wawancara dengan social media specialist dari Indibiz, untuk mempermudah dalam pebuatan postingan pada sebuah akun instagram perlu adanya sebuah perencanaan konten atau content plan. Hal tersebut dilakukan salah satunya adalah untuk memberikan struktur serta memudahkan dalam proses produksi konten. Namun akan lebih mudah lagi apabila dalam pembuatan content plan terdapat acuan yang digunakan, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan analisa data.
Menurut Laksono dkk., (2024) di tengah persaingan yang semakin ketat, kemampuan untuk mengekstraksi wawasan yang berharga dari data menjadi sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Perusahaan yang dapat memanfaatkan potensi tersebut akan memiliki keunggulan strategis dalam hal pengambilan keputusan, pemasaran yang lebih efektif, optimalisasi operasional, dan penemuan peluang baru.
Melihat peluang tersebut, proyek ini dibuat dengan memanfaatkan data untuk membantu dalam pembuatan keputusan content plan terutama dalam memaksimalkan brand engagement pada Instagram @indibizjbn. Data yang digunakan berdasarkan postingan Instagram @indibizjbn periode Juli 2023 – Maret 2024.
Metode Analisa Data
Menggunakan bantuan bahasa pemrograman python, data dianalisa dengan tahapan sebagai berikut:
- Mengumpulkan data yang diperlukan, yaitu postingan Instagram @indibizjbn periode Juli 2023 – Maret 2024
- Membagi postingan berdasarkan 6 kategori antaralain Entertainment / Trend, Edukasi Produk, Trivia, Podcast / Webinar, Liputan, dan Postingan Lainnya
- Menghitung perolehan engagement, impresi, dan reach dari setiap postingan @indibizjbn periode Juli 2023 – Maret 2024
- Menghitung rata-rata kontribusi engagement dari setiap tipe postingan @indibizjbn periode Juli 2023 – Maret 2024
- Menghitung rata-rata produksi konten Instagram @indibizjbn pada setiap bulannya periode Juli 2023 – Maret 2024
- Melakukan percobaan kombinasi dengan bantuan bahasa pemrograman python untuk mencari kemungkinan kombinasi postingan untuk memaksimalkan brand engagement pada Instagram @indibizjbn
Hasil Proyek
Setelah melakukan beberapa perhitungan pada proyek ini, ditemui bahwa untuk mendapatkan engagement yang tinggi di Instagram @indibizjbn, perlu untuk memaksimalkan produksi konten bertipe trivia, Podcast / webinar, dan juga liputan. Selain itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhitungkan selain hanya nilai dari kontribusi engagement, tetapi juga:
- perlu diperhitungkan budget yang disediakan untuk produksi konten
- tingkat variasi konten supaya audiens tidak mudah bosan dan bersedia untuk follow
- kemampuan dan kapasitas produksi dari SDM yang dimiliki.
Rekomendasi Content Plan
Setelah mencoba jutaan kombinasi rekomendasi postingan menggunakan bantuan Bahasa pemrograman python, didapati kombinasi produksi konten bulanan yang paling direkomendasikan berjumlah 40 postingan dengan komposisi:
- Entertainment / Trend dengan jumlah 5 postingan
- Edukasi Produk dengan jumlah 15 postingan
- Trivia dengan jumlah 2 postingan
- Podcast / Webinar dengan jumlah 3 postingan
- Liputan dengan jumlah 10 postingan
- Postingan Lainnya dengan jumlah 5 postingan.
Rekomendasi content plan bulanan yang disebutkan diatas dinilai memiliki kemungkinan terbaik karena berpotensi mendapatkan brand engagement yang maksimal ketimbang kombinasi lain yang telah dianalisa serta telah mempertimbangkan faktor lain sehingga dapat diterapkan.
BACA JUGA: Goes To Farm 2024: Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Dunia Peternakan
Kekurangan dan Saran
Masih terdapat banyak batasan serta kekurangan dalam penelitian ini, sehingga dalam penerapannya untuk proyek yang lain akan perlu beberapa penyesuaian, antara lain:
- Data yang dikelola bersifat dinamis dan berubah seiring berjalannya waktu sehingga perlu untuk dilakukan analisa berkala agar mendapatkan hasil yang uptodate
- Proyek ini dilakukan pada platform Instagram sehingga untuk penerepan pada platform lain perlu penyesuaian
- Proyek ini berfokus pada Instagram @indibizjbn, sehingga penerapan pada akun lain perlu penyesuaian Kembali dengan jumlah data yang dimiliki
- Acuan pembagian postingan pada proyek ini mengikuti pembagian tipe postingan dari perusahaan Telkom Indonesia
- Baris perintah coding tidak dapat digunakan secara langsung untuk analisa akun lain kecuali variabel yang digunakan sama persis
***
Penulis: Irfan Muzakki
Pembimbing: Maurisia Putri Permatasari
Program Studi: D3 Manajemen Pemasaran
Editor: Fatikah Rachmadianty