VOKASI UNAIR

Mahasiswa D3 Perpustaakan Berikan Bimbingan dan Pelatihan Literasi Digital di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

VOKASI NEWS – Era informasi digital yang terus berkembang, kemampuan literasi digital menjadi semakin penting bagi para siswa. Untuk membantu meningkatkan literasi digital di kalangan siswa SMP, Mahasiswa D3 Perpustakaan mengadakan program “KREFO” (Kreatif Infografis). Program ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan literasi digital melalui media infografis di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

Bimbingan dan Pelatihan Literasi Digital Mampu Meningkatkan Kelola Informasi Siswa dengan Bijak

Program “KREFO” ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola dan mengevaluasi informasi yang mereka dapatkan secara online. Dalam program ini, siswa diajarkan tentang cara mencari informasi yang akurat, relevan, dan berkualitas melalui media infografis. Melalui program ini, siswa juga diajarkan tentang konsep desain grafis, pemilihan warna yang tepat, serta pemahaman dalam mencari informasi dengan jelas dan terstruktur.

Selain meningkatkan kemampuan dalam mengelola informasi, program ini juga bertujuan untuk membangun literasi digital yang kuat di kalangan siswa. Siswa diajarkan tentang penggunaan teknologi dan internet secara bijak, pemahaman akan resiko dan konsekuensi yang mungkin timbul. Dalam pelatihan ini, siswa diberikan kesempatan untuk berlatih membuat infografis secara berkelompok, sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan.

Implementasi Program di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

Program “KREFO” ini telah diimplementasikan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya pada tanggal 28-29 November 2023. Dalam program ini, sebanyak 30 siswa/i kelas 9 mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang literasi digital melalui media infografis. SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dipilih sebagai sasaran program ini karena dianggap memiliki potensi yang baik, namun siswa/i di sana masih kurang paham terkait literasi informasi. Dengan pengemasan konsep yang menarik, diharapkan semangat siswa dalam literasi informasi dapat terstimulasi.

Program ini dilaksanakan di lab komputer sekolah dengan memberikan pengetahuan tentang tahapan pencarian informasi secara digital kepada siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk berlatih membuat infografis secara berkelompok dengan bantuan perangkat lunak atau aplikasi desain yang sesuai dengan kemampuan mereka. Melalui evaluasi, para mahasiswa D3 Perpustakaan mengukur sejauh mana siswa/i dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah mereka terima dalam program ini.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori