VOKASI UNAIR

Membangun Keterampilan Literasi Informasi melalui Pemanfaatan Sumber Informasi di Perpustakaan

Gambar Buku untuk LIterasi Informasi (Sumber: goodnewsfromindonesia.id)

VOKASI NEWS – Literasi Informasi adalah seperangkat keterampilan yang diperlukan untuk menemukan, mengambil, menganalisis, dan menggunakan informasi. Abad 21 telah dinamai era informasi, karena ledakan informasi dan sumber informasi. Seseorang tidak dapat mencapai target studi tanpa mempraktikkan keterampilan literasi informasi khusus. Dengan kata lain, keterampilan ini memberdayakan orang-orang dengan keterampilan kritis yang akan membantu mereka bisa melakukan pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) dan mengembangkan diri. Keterampilan ini akan memungkinkan orang untuk menerapkan pengetahuan mereka dari lingkungan yang akrab ke lingkungan yang tidak dikenal. Manfaat dari literasi informasi ini ialah kita bisa memilih sumber informasi yang relevan, menguasai keterampilan evaluasi informasi dan menggunakan teknik pencarian yang efektif.

Maka penting bagi kita untuk membangun keterampilan literasi ini. Perpustakaan yang memiliki peran sebagai sumber informasi adalah pilihan yang tepat untuk kita mulai membangun keterampilan literasi. Keberagaman sumber informasi di perpustakaan terdiri dari berbagai jenis informasi dari berbagai jenis disiplin ilmu pengetahuan yang menembus berbagai lintas generasi.

4 Literatur di Perpustakaan

Sumber informasi yang ada di perpustakaan dapat dibedakan menjadi 4 literatur yaitu, primer, sekunder, tersier dan referensi. Literatur primer yang sering kita temui atau dipakai dalam mencari informasi guna mendukung penulisan hasil penelitian dan observasi anda baik dalam bentuk tesis, disertasi dan skrpsi maupun dalam bentuk laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah dan dalam bentuk-bentuk lainya. Sumber informasi Sekunder adalah segala jenis ringkasan sumber primer, dan merupakan alat bantu untuk menemukan sumber primer. Contoh yaitu Ensiklopedia, Kamus, Bibliografi, kumpulan indeks, kumpulan abstrak, sumber biografi dan katalog perpustakaan. Sumber tersier adalah ringkasan sumber sekunder yang meliputi indeks abstrak, bibliografi. Sumber informasi referensi merupakan terbitan khusus yang direncanakan dan ditulis dengan maksud untuk berkonsultasi mengenai suatu hal atau informasi tertentu dan disusun secara alfabetis, kronologis atau menggunakan indeks yang rinci, contohnya: kamus.

Informasi juga dapat diperoleh secara online atau melalui internet, sehingga kita bisa mengakses informasi darimanapun. Selain itu, penelusuran informasi bisa dilakukan melalui search engine, database online dan fasilitas lainnya yang disediakan oleh perpustakaan.

Cara yang dapat dilakukan

Strategi yang dapat dilakukan untuk kita bisa mulai membangun keterampilan literasi informasi di perpustakaan adalah sebagai berikut:

  1. Pahami kebutuhan informasi
  2. Kenali katalog perpustakaan dan sistem klasifikasi
  3. Gunakan sumber referensi berkualitas
  4. Baca dan pahami informasi secara kritis
Tips

Namun, saat praktiknya kita akan mengahadapi beberapa kesulitan dalam membangun keterampilan literasi Informasi. Kesulitan tersebut yaitu overload informasi dan kesulitan memilih yang relevan, kesulitan mengevaluasi keandalan informasi dan kurangnya keterampilan dalam pencarian yang efisien. Oleh karena itu sebagai solusinya kita bisa untuk memanfaatkan layanan dan panduan dari pustakawan, mengikuti pelatihan literasi informasi mengajak teman atau pengguna perpustakaan lainnya untuk bersama-sama membangun keterampilan literasi.

Keterampilan literasi informasi penting bagi kita semua. Hal ini dikarenakan sebagian besar informasi dapat dengan mudah kita cari atau pahami jika kita memiliki keterampilan literasi. Perpustakaan sebagai tempat penyimpanan sumber informasi yang disusun secara sistematis dapat memudahkan pengguna untuk mulai meningkatkan keterampilan literasi informasi. Belajar adalah hal yang diperlukan tidak sebatas disekolah maupun kampus, melainkan sepanjang hidup. Oleh karena itu, mari tingkatkan keterampilan literasi kita untuk bisa terus mengembangkan diri.

Penulis : Adelia Transilvania

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori