VOKASI UNAIR

Menggali Potensi Bisnis Informasi di Era Digital, Apakah Menguntungkan?

Gmabaran Bisnis Informasi di Era Digital

VOKASI NEWS – Bisnis informasi adalah jenis bisnis yang berfokus pada pengumpulan, pengolahan, dan distribusi informasi kepada audiens yang relevan. Informasi ini bisa berupa berita, analisis pasar, panduan, riset, atau konten khusus lainnya. Bisnis informasi bisa beroperasi dalam berbagai bentuk, seperti situs web berita, platform online, majalah, newsletter, atau layanan berlangganan. Tujuan utama bisnis informasi adalah memberikan nilai tambah kepada audiens dengan menyediakan informasi yang berharga dan bermanfaat.

Mengapa Bisnis Informasi Penting?

Bisnis informasi memiliki peran penting dalam masyarakat modern yang terus berubah dan berkembang. Berikut adalah alasan mengapa bisnis informasi sangat penting:

  • Pengetahuan dan Pemahaman: Bisnis informasi menyediakan akses ke pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan dalam berbagai bidang, seperti berita terkini, analisis pasar, tren industri, atau panduan praktis. Informasi yang akurat dan berkualitas membantu individu dan organisasi membuat keputusan yang lebih baik.
  • Pemberdayaan Individu: Dengan informasi yang mudah diakses, individu dapat memperoleh pengetahuan baru, meningkatkan keterampilan, atau mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan mereka. Bisnis informasi memberikan alat bagi individu untuk meningkatkan diri dan mencapai potensi maksimal.
  • Mendukung Inovasi dan Pertumbuhan Bisnis: Informasi yang komprehensif dan terkini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang pasar, tren konsumen, dan inovasi produk atau layanan. Bisnis informasi dapat memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan strategis yang akurat.
Jenis – Jenis Bisnis Informasi

Dan untuk jenis jenis bisnis informasi yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1.Pengusaha media.

Mereka yang menjadi pemilik industri media, lebih khususnya media online dan memperoleh penghasilan (dari iklan, advertorial dll) dari bisnis tersebut.

2. Reviewer Produk.

Mereka yang memperoleh penghasilan dari mereview produk-produk komersial dari berbagai jenis produk yang ada.

3. Penulis buku khususnya ebook.

Mereka yang mendapatkan penghasilan berupa royalti dari penjualan produk tersebut.

4. Blogger Spesialis.

Seorang pemilik dan pembuat content blog yang mendapatkan penghasilan dari blognya, baik dari adsense iklan maupun konten berbayar dalam blognya.

5. Publicist.

Mereka yang berprofesi mempublikasikan produk-produk komersial, acara-acara, publikasi tokoh ke beragam media danĀ  sosial media serta mereka mendapatkan penghasilan dari sana.

6. Social Media Respon Center (SMRC). Mereka yang mengelola akun sosial media dari sebuah perusahaan, brand, atau institusi tertentu. Yang sedang trend sekarang adalah pengelola akun Twitter.

7. Pengelola Bimbel / sekolah Online.

Mereka yang mendapatkan keuntungan finansial dari kegiatan belajar mengajar secara online lewat internet.

8. Pengelola Situs Berbayar.

Mereka yang memperoleh keuntungan dengan mengambil bayaran dari anggota yang bergabung dalam webblog atau situsnya. Misalnya situs jodoh dan situs aplikasi pertemanan yang sekarang sedang marak dipergunakan.

9. Pengelola konten web. Mereka yang bertugas memasukkan berita (upload) atau mungkin sekaligus yang menulis sebuah web tertentu dan mereka mendapatkan bayaran dari kegiatan tersebut.

10. Pemilik Kantor Berita (naskah). Mereka yang mendapatkan bayaran dari menjual berita atau naskah (artikel2 dll) kepada pihak-pihak yang membutuhkan konten tertentu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis informasi ini juga masih sangat menguntungkan karena dengan mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang dan penggunaan teknologi yang masif dilakukan maka akan bermunculan profesi pekerjaan baru yang lebih beragam dan lebih menghasilkan.

Penulis : Ilham Haqiqi Alqorani/ 152111313006

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori