Meningkatkan Penjualan Melalui Content Marketing Pada Media Sosial TikTok

VOKASI NEWS – Perkembangan teknologi digital di era modern ini berlangsung dengan sangat cepat, termasuk di Indonesia. Teknologi hadir dengan tujuan utama untuk mempermudah kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Data statistik yang diperoleh dari We Are Social menunjukkan bahwa pada Januari 2024, terdapat sekitar 185 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia. Angka ini setara dengan 66,5% dari total populasi nasional yang berjumlah 278,7 juta orang. 

Apa itu TikTok?

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek dengan berbagai efek dan musik. Fitur-fitur pada tiktok seperti hashtag, filter kreatif, dan juga TikTok shop yang menjadikan media sosial TikTok sebagai alat pemasaran yang efektif. Strategi paling efektif untuk meningkatkan penjualan pada media sosial TikTok adalah dengan menerapkan conten marketing yang tepat dan konsisten serta sesuai pada prefrensi audiens

Para masyarakat terutama pelaku ekonomi dapat memanfaatkan media sosial TikTok sebagai media pemasaran dan periklanan yang efektif. Dalam dunia pemasaran digital, terutama di media sosial TikTok konten pilar menjadi kategori utama dari jenis konten yang dibuat dengan tujuan untuk membangun merek dan menarik audiens. 

Dalam strategi konten pilar terdapat empat pilar utama conten marketing yaitu :

  1. Konten edukatif

Memberikan informasi dan pengetahuan kepada audiens, dengan manfaat untuk meningkatkan kepercayaan dan sebagai informasi yang dapat diandalkan.

  1. Konten hiburan

Menghibur audiens dan membuat mereka tetap terlibat, dengan manfaat untuk meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan konten.

  1. Konten inspiratif

Memotivasi dan menginspirasi audiens yang melihat konten tersebut, dengan tujuan untuk membangun hubungan emosional dengan audiens dan mendorong merek untuk bertindak.

  1. Konten Promosi

Mempromosikan produk atau layanan, dengan tujuan untuk mendorong penjualan dan meningkatkan kesadaran merek tentang produk atau layanan yang di tawarkan.

Indikator Promosi Efektif di TikTok

Berikut 3 indikator promosi yang efektif di platform TikTok yaitu :

  1. Riset Content

Tahap ini adalah tahap awal dalam pembuatan konten video pada platform TikTok. Proses menganalisis jenis konten yang paling efektif dan yang menarik di platform TikTok. Tujuan dari riset content adalah untuk mengoptimalkan strategi content marketing, sehingga dapat meningkatkan engagement dan penjualan.

  1. Menggunakan hashtag yang sesuai

Menggunakan hashtag yang tepat adalah strategi penting dalam pemasaran di platform seperti TikTok misalnya. Hashtag merupakan simbol atau tanda yang memiliki makna khusus untuk memudahkan pengguna menemukan topik, peristiwa, atau produk tertentu. Hal ini tidak hanya membantu dalam mempromosikan produk secara efektif, tetapi juga mempermudah konsumen dalam menemukan informasi yang mereka cari melalui platform yang digunakan.

BACA JUGA: Pengaruh Status Gizi Terhadap Infeksi Parasit Intestinal

  1. Mengikuti trend dan membuat konten video yang menarik

Salah satu strategi efektif dalam pemasaran menggunakan TikTok adalah dengan menciptakan konten video yang tidak hanya menarik, tetapi juga relevan dengan trend yang sedang berlangsung. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan momen-momen tertentu yang sesuai dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan, sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen atau pelanggan potensial.

  1. Membuat deskripsi yang jelas

Selain fokus pada menciptakan konten video yang menarik dan relevan dengan tren di TikTok, perusahaan juga perlu memberikan perhatian khusus pada deskripsi atau informasi yang disertakan dalam video promosi mereka. Deskripsi yang jelas dan informatif dapat sangat meningkatkan pemahaman konsumen mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga membangun kepercayaan dan keyakinan untuk melakukan pembelian.

***

Penulis: Rendy Faturrossi

Dosen Pembimbing: Maurisia Putri Permatasari

Editor: Fatikah Rachmadianty