VOKASI NEWS – Pada tahun 2022, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memperkenalkan program baru yang bernama GasKita Pintar Residensial. GasKita Pintar Residensial merupakan program pemanfaatan gas bumi yang ditujukan untuk rumah tangga dan pelanggan kecil. GasKita Pintar Residensial memiliki keunggulan lebih praktis, aman, dan handal jika dibandingkan dengan LPG. Salah satu strategi utama yang digunakan untuk mempromosikan program GasKita Pintar Residensial adalah personal selling yang dilakukan oleh sales person.
Apa itu Personal Selling?
Sales person adalah orang yang mewakili perusahaan dengan mencari calon pelanggan, berkomunikasi, melakukan transaksi, memberikan layanan, dan membangun hubungan pelanggan. Personal selling merupakan interaksi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk mempromosikan produk dan membangun pemahaman serta hubungan jangka panjang.
Tahapan personal selling meliputi penentuan prospek dan mengualifikasikan, pra-pendekatan, pendekatan, presentasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan, dan tindak lanjut. Personal selling dipilih menjadi bauran promosi utama karena memungkinkan calon pelanggan dapat bertanya secara langsung mengenai program tersebut.
Adapun tahapan implementasi personal selling yang dilakukan oleh PGN dalam mempromosikan GasKita Pintar Residensial, yaitu:
- Menentukan Prospek dan Mengualifikasikan
Mengidentifikasi calon pelanggan potensial melalui aplikasi Google Maps dan Digio untuk menentukan wilayah yang layak diprospek.
- Pra-pendekatan
Mengumpulkan informasi tentang calon pelanggan dan menjadwalkan pertemuan dengan ketua kelurahan untuk memperoleh izin sosialisasi.
- Pendekatan
Bertemu dengan Lurah dan perangkat desa untuk meminta izin sosialisasi dan menetapkan jadwal sosialisasi.
- Presentasi dan Demonstrasi
Menjelaskan manfaat, keunggulan, dan keamanan program GasKita Pintar Residensial kepada warga.
- Mengatasi Keberatan
Sales person yang telah dibekali product knowledge dan technical knowledge akan menjawab pertanyaan dan mengatasi kekhawatiran warga terkait program.
- Penutupan
Membagikan formulir registrasi berlangganan gas (FRBG) kepada peserta sosialisasi yang akan dikumpulkan secara kolektif.
- Tindak Lanjut
Memastikan proses administrasi dan pemasangan jaringan gas berjalan lancar serta memberikan layanan after sales.
Sosialisasi Program GasKita Kepada Masyarakat
Personal selling yang dilakukan oleh PGN berupa kegiatan sosialisasi, diadakan di skala kelurahan maupun RW yang dihadiri oleh beberapa perwakilan warga. Sales person memaparkan mengenai program GasKita Pintar Residensial yang kemudian akan diteruskan oleh perwakilan warga yang hadir kepada warganya. Peserta sosialisasi dalam menyebarkan informasi akan dibekali dengan media berupa link video penjelasan, brosur, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
Peserta sosialisasi penyebarluasan informasi mengenai program GasKita Pintar Residensial kepada warganya dengan menggunakan bantuan media sosial, terutama menggunakan media WhatsApp. Selain itu, jika diperlukan maka peserta sosialisasi juga akan mengadakan pertemuan langsung dengan warga untuk menjelaskan program GasKita Pintar Residensial.
Sosialisasi ini dianggap efektif dikarenakan pendaftaran dilakukan secara kolektif di masing-masing ketua RW. Bagi yang berminat akan diberi Formulir Registrasi Berlangganan Gas (FRBG) yang kemudian akan diproses lebih lanjut oleh sales person PGN. Namun dalam prakteknya, terdapat beberapa hambatan yang ditemui pada saat kegiatan sosialisasi berlangsung, yakni masyarakat yang belum siap menerima perubahan. Untuk itu sales person PGN menggunakan kesempatan bertemu dengan perwakilan warga secara langsung untuk menjelaskan terkait keamanan dan keselamatan produk.
Program GasKita Pintar Residensial PGN disambut dengan antusias oleh warga. Hal ini menandakan bahwa informasi yang disampaikan dari pihak peserta sosialisasi telah sampai kepada warga dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi ini sudah cukup efektif untuk memberikan informasi terkait program yang diadakan oleh PGN. Salah satu indikator keefektifan sosialisasi dapat dinilai dari banyaknya warga yang berminat untuk mendaftar program GasKita Pintar Residensial.
***
Penulis: Chusnul Khotimah
Editor: Puspa Anggun Pertiwi