VOKASI UNAIR

Muhriza Kembali Tuai Prestasi dan Menjadi Awardee IISMAVO 2024: “We Prepare All Out but Let the God Do the Rest”

Muhriza Kembali Tuai Prestasi dan Menjadi Awardee IISMAVO 2024: "We Prepare All Out but Let the God Do the Rest" _Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Muhammad Nur Muhriza, mungkin sudah tak lagi asing didengar nama ini. Salah satu mahasiswa kebanggaan yang dimiliki oleh Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan merupakan mahasiswa prodi D4 Perbankan dan Keuangan ini selalu menuai decak kagum akan prestasinya. Bahkan, kali ini mahasiswa yang akrab disapa Muhriza menorehkan prestasinya di kancah Internasional. Prestasinya kali ini yakni lolos sebagai awardee IISMAVO 2024 di Université Polytechnique Hauts-de-France tahun ini. 

BACA JUGA: Kegiatan Magang di UPT Puskeswan Pasirian Lumajang oleh Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner

Pada kesempatan kali ini (20/04) Tim Branding Vokasi berhasil mewawancarai Muhriza terkait dengan IISMAVO yang baru saja dicapainya. Muhriza mengungkapkan bahwa IISMAVO merupakan  Indonesian International Student Mobility Award Vocational. Sebagai mahasiswa, vokasi sudah diberikan privilege, karena saingannya hanya antara mahasiswa fakultas vokasi saja. Berbeda dengan sarjana yang saingannya satu UNAIR, lalu setelah itu bersaing dengan kampus lain. Dalam hal tersebut, mahasiswa vokasi memiliki point plus pertama.

Tidak hanya itu, beliau juga mengatakan bahwa perlu diketahui program IISMA ini program dibawah LPDP dan di bawah Kemendikbud Ristek

“Nah, jadi semua itu sudah diatur sama Kemendikbud, gimana kita dapat living allowance nya, dapat settlement allowance nya, dan semua pembiayaan tuh sudah diatur semua sama mereka. Jadi, disana kita sudah aman visa, tiket, dan accomodation sudah di handle dan dibayarkan LPDP beserta Kemendikbud Ristek,”

ucap Muhriza dalam wawancara tersebut.

Beliau juga mengungkapkan bahwa alasan memilih Université Polytechnique Hauts-de-France (UPHF) adalah karena dapat mudah berkeliling eropa dengan transportasi darat dan juga UPHF sendiri terletak di kota Valenciennes dimana merupakan salah satu kota kecil yang ada di Perancis, disana akan merasakan bagaimana hidup yang sebenarnya di Perancis. Hanya saja memang beberapa warga di kawasan Valenciennes tidak seberapa fasih untuk berbicara Bahasa Inggris.

Kunci dan Tip & Tricks Muhriza Selama Seleksi

IISMAVO tentu bukanlah perjuangan yang mudah. Begitupun dengan Muhriza yang juga berjuang dengan sangat keras agar dapat berhasil sebagai awardee IISMAVO. Adapun berikut beberapa kunci yang dipersiapkan oleh Muhriza:

  1. Time Management,
  2. English Proficiency Test,
  3. Essay Preparation.

Mengingat IISMAVO ini adalah salah satu yang diidam-idamkan para mahasiswa, Muhriza pun membagikan tips dan triknya dalam meraih IISMAVO ini, simak tips dan triknya berikut :

  1. Well Planned. Jadi, sebelum mulai mempersiapkan segalanya, mahasiswa harus sudah merencanakan semuanya itu dari awal. Artinya, mahasiswa harus sudah tahu apa saja yang dibutuhkan sehingga tahu apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu.
  2. Portofolio preparation. Portofolio menjadi salah satu aspek penting dalam proses seleksi. Oleh karena itu, mahasiswa perlu membuat portofolio yang semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian penyeleksi.
  3. Legowo. Artinya, mahasiswa harus santai dan ikhlas. Hal tersebut mungkin saja bisa membuat mahasiswa stress ketika sudah full preparation namun tidak santai. Oleh karena itu, seperti pesan Muhriza, “It’s gonna be fine, it’s gonna be okay.”

Tak hanya membagikan Tips and Triknya, Muhriza juga mengungkapkan harapannya kepada para mahasiswa Vokasi dan berkeinginan untuk mengikuti IISMAVO, yakni :

“Semoga jumlahnya meningkat, karena tahun ini hanya kami berenam dari IISMAVO UNAIR. Kalau bisa diatas sepuluh diatas dua puluh dan makin variatif kampusnya di berbagai negara.” 

Muhriza juga berharap bahwa mimpi para calon awardee IISMAVO terwujud, serta juga berpesan bahwa para calon awardee harus memaksimalkan hal tersebut.

***

Penulis: Nayya Illahinsyah Santoso

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori