VOKASI NEWS – OMSA 2024 merupakan kegiatan yang melibatkan Mahasiswa D4 Manajemen Perkantoran Digital dan mahasiswa dari Malaysia.
SDGs Airlangga Interdisciplinary Program (SAIL) merupakan program summer course dengan biaya ditanggung oleh WCU. Tujuan utama dari program ini adalah mengenalkan wisata Nusantara. Dengan mendatangkan dosen dan mahasiswa luar negeri, kegiatan ini akan menghasilkan kolaborasi keilmuan yang menarik. Program studi D4 Manajemen Perkantoran digital sukses melaksanakan SAIL bertajuk Office Management Summer Activity (OMSA 2024). Tahun ini Malaysia terpilih menjadi tamu undangan yang dihadirkan, tepatnya dosen dan mahasiswa dari Universitas Malaya serta mahasiswa dari Universitas Teknologi MARA (UITM). Setiap kampus mendatangkan lima mahasiswa dengan satu dosen sebagai wali. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, tepatnya tanggal 13-16 Mei 2024.
Day-1: Tamu disambut dengan Tari Remo
Pada 14 Mei 2024, terlaksana salah satu rangkaian kegiatan dari OMSA 2024 yang bertempat di ruang Keningar, Hotel Suites Surabaya. Diawali dengan Opening Ceremony yang menampilkan pertunjukkan dari Indonesia berupa penampilan Tari Remo. Tidak kalah dari Indonesia, Malaysia juga menyiapkan pertunjukkan dengan mengenalkan pakaian-pakaian adat Malaysia dan menyanyi bersama. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh KPS D4 Manajemen Perkantoran Digital Universitas Airlangga dan Dosen Universitas Malaya, serta sambutan dari Wakil 1 Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Pemukulan gong dan pemotongan pita sebagai simbol telah dimulainya kegiatan OMSA 2024 ini.
Pada hari yang sama terlaksana juga workshop yang dilakukan dua kali dengan tema yang berbeda. Workshop pertama dengan tema “Tourism and MICE Industry : An Economic Perspective Focusing on Malaysia” disampaikan oleh Professor Shahnaz Mahdzan dari Univeristas Malaya. Workshop ini berfokus tentang pengenalan pariwisata di Malaysia dengan sudut pandang ekonomi. Selanjutnya, “Economic Impact for the Event and Cultural Event In East Java” merupakan tema dari workshop kedua yang disampaikan oleh Dr. Noorol Hamizah Zamzuri dari Universitas Telnologi MARA. Workshop ini berfokus pada pembuatan kegiatan yang terdapat unsur budaya.
Pada malam harinya, mahasiswa beserta dosen dari Malaysia diajak berkeliling-keliling kota Surabaya. Mulai dari mengunjungi Alun-alun Kota Surabaya, menaiki perahu di Sungai Kalimas, hingga belanja di Mall Delta Plaza Surabaya.
Day-2: Internasional CSR
Pada hari kedua, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) Internasional CSR di SMK Hidayatul Ummah, Gresik. Kegiatan ini berisi workshop mengenai bisnis yang disampaikan oleh dosen Universitas Malaya, Universitas Ternologi MARA, dan Universitas Airlangga sekaligus workshop mengenai Kesehatan gigi dari program studi D3 Teknik Gigi Universitas Airlangga.
Sore harinya, mahasiswa dan dosen dari Malaysia kembali diajak keliling Surabaya. Tempat pertama yang dituju setelah kegiatan pengabdian Masyarakat di Gresik adalah Pusat Grosir Surabaya (PGS), lanjut berkeliling di Pasar Turi dan Tugu Pahlawan. Menjelang malam, para dosen terlebih dahulu kembali ke hotel untuk beristirahat. Sementara, para mahasiswa Malaysia dan beberapa mahasiswa D4 Manajemen Perkantoran digital melanjutkan kegiatan berkeliling Surabaya dengan menuju ke Tunjungan Plaza yang kemudian berakhir makan malam bersama di Taman Apsari.
Day-3: Closing Ceremony
Sebelum kembali ke Malaysia, terdapat kegiatan tukar menukar cendera mata antara dua Universitas Malaysia (UM dan UiTM) dengan Universitas Airlangga yang diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, drh., M.Kes. Dilanjutkan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan di Gedung A Fakultas Vokasi dan area sekitarnya. Pukul 10.30 rombongan mahasiswa dan dosen dari Malaysia berangkat menuju Bandara Internasional Juanda untuk kembali ke Malaysia.
Setelah berakhirnya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dari Malaysia maupun dari Indonesia dapat sama-sama belajar budaya masing-masing, mempererat hubungan kerjasama, dan mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya belum diketahui. Semoga program ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.
***
Penulis: Kartika Putri
Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR