Pameran Bisnis Informasi sebagai Bentuk Inovasi Pengembangan Keterampilan Mahasiswa D3 Perpustakaan

VOKASI NEWS – Pameran bisnis informasi yang dilakukan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga merupakan bentuk pengembangan keterampilan.

Kegiatan tersebut dilakukan di Library Laboratory pada Senin (22/5).

Pameran bisnis informasi tersebut merupakan salah satu produk luaran pada mata kuliah Perencanaan Bisnis Informasi (PBI).

Matkul tersebut juga memelajari langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola informasi dalam suatu bisnis,

atau organisasi berupa pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyebaran informasi dalam konteks bisnis.

Pelayanan ini dapat mencakup berbagai aspek, termasuk teknologi informasi, analisis data, sistem informasi manajemen, dan komunikasi bisnis.

Tujuan dari mata kuliah perencanaan bisnis informasi ini adalah memastikan bahwa informasi yang relevan, akurat,

dan dapat diakses dengan mudah tersedia bagi pengambil keputusan dan anggota organisasi.

Untuk mendukung tujuan tersebut mahasiswa berinovasi pada segala aspek yang berhubungan pada suatu sumber informasi ke dalam bentuk bisnis menjanjikan,

yang dapat mereka bangun sesuai atau relevan dengan bidang studi.

Prospek kerja yang luas menjadi salah satu alasan pentingnya membangun dan mengembangkan keahlian mahasiswa,

yang pada mata kuliah ini pula mahasiswa dibekali dengan kemampuan atau skill tambahan yang dapat mereka asah guna mempersiapkan jenjang karir.

Pemahaman tentang dunia bisnis memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar, teori, dan praktik bisnis.

Mahasiswa yang belajar ilmu bisnis akan mengembangkan pemahaman yang luas tentang berbagai aspek bisnis seperti manajemen, pemasaran, keuangan, operasi, dan sumber daya manusia.

Ilmu bisnis membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk memasuki dunia kerja.

Melalui pemahaman tentang bisnis, mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk berbagai peran dan tanggung jawab dalam perusahaan atau bahkan untuk menjadi wirausahawan.

Pengembangan keterampilan manajerial yang didapat membantu dalam pengembangan keterampilan manajerial yang penting untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Mahasiswa belajar tentang pengambilan keputusan, perencanaan strategis, komunikasi, negosiasi, dan kepemimpinan yang efektif.

Pemahaman tentang lingkungan bisnis membantu mahasiswa memahami konteks dan dinamika bisnis di tingkat lokal, regional, dan global.

Sehingga mahasiwa dapat belajar tentang faktor-faktor ekonomi, politik, sosial, dan teknologi yang mempengaruhi bisnis.

Pengetahuan ini memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada di dunia bisnis.

Ilmu bisnis juga memfasilitasi pengembangan jiwa kewirausahaan yang dapat dimulai dari belajar tentang perencanaan bisnis, inovasi, strategi pemasaran, analisis pasar,

dan aspek hukum yang terkait dengan memulai dan mengelola bisnis mereka sendiri.

Pemahaman ini turut membantu mahasiswa dalam memahami keuangan pribadi dan mengelola aset mereka dengan bijak.

Mereka belajar tentang investasi, perencanaan keuangan, manajemen risiko, dan aspek-aspek penting lainnya yang berkaitan dengan keuangan pribadi yang juga mengambil andil,

atau peran dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan khususnya bagi mahasiwa.

Analisis dan keterampilan berpikir kritis tentang ilmu bisnis sangat penting karena melibatkan analisis data, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang berdasarkan bukti.

Mahasiswa belajar untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data bisnis.

Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang penting dalam menghadapi tantangan dan menemukan solusi yang efektif.

Dalam keseluruhan, ilmu bisnis memiliki urgensi yang tinggi dalam pendidikan tinggi karena memberikan dasar pengetahuan yang kuat, keterampilan praktis, dan pemahaman yang luas tentang dunia bisnis.

Pelayanan bisnis informasi penting dalam era digital ini karena membantu bisnis dalam mengelola informasi dengan lebih efektif, membuat keputusan berdasarkan fakta, dan berkomunikasi dengan pelanggan dan mitra bisnis.

Pemanfaatan teknologi informasi dan analisis data yang tepat dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis dalam menghadapi tantangan yang kompleks dalam lingkungan bisnis yang terus berubah.

***

Penulis : Annisaa Dwi Damayanti

Editor : Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR 2023