VOKASI UNAIR

Pelaksanaan Kegiatan Magang Tahunan Universitas Airlangga di RS IHC Lavalette Kota Malang Tahun 2024

elaksanaan Kegiatan Magang Tahunan Universitas Airlangga di RS IHC Lavalette Kota Malang Tahun 2024 - Thiffani Oktavia.

VOKASI NEWS – Pelaksanaan magang tahunan yang dilakukan oleh D4 Teknologi Laboratorium Medik di salah satu RS kota malang yakni RS IHC Lavalette.

Magang merupakan kegiatan tahunan program studi Teknologi Laboratorium Medis yang dapat dilakukan di sebuah klinik maupun rumah sakit. Magang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan dari fakultas vokasi dengan kebutuhan yang sesuai.  Rumah sakit Lavalette adalah salah satu rumah sakit yang memiliki perjanjian kerjasama dengan Universitas Airlangga. Melalui Rumah Sakit ini, mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Universitas Airlangga mampu mengasah dan mengembangkan skill yang dimiliki. Tentunya kegiatan magang dilaksanakan tidak lepas dari bimbingan dan pengawasan oleh seseorang yang berpengalaman, sehingga mahasiswa memiliki gambaran sistem kerja yang akan dihadapi di kemudian hari.

Beberapa Hal Menarik Tentang RS IHC Lavalette Ini

Rumah sakit IHC Lavalette didirikan pada 9 Desember 1981 yang merupakan rumah sakit tertua di Kota Malang. Rumah sakit ini peninggalan kolonial Belanda yang merupakan perluasan dari klinik disempurnakan menjadi rumah sakit. Nama “Lavalette” diambil dari nama G. Chr. Renardel de Lavalette pemegang saham terbesar dan merupakan ketua yayasan pada saat itu.  Rumah sakit IHC Lavalette sudah tergabung dalam jaringan pengelolaan rumah sakit terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT Pertamina Bina Medika.

Dari segi bangunannya rumah sakit Lavalette memiliki kesan seperti bangunan pada zaman dahulu dengan dinding berwarna putih. Hal tersebut menjadi ciri khas dari rumah sakit IHC Lavalette.Selain dari segi bangunannya, penataan lahan rumah sakit ini memiliki kesan yang baik. Di tengah-tengah ruang rawat inap, terdapat taman yang dilengkapi dengan pohon besar. Pohon tersebut merupakan pohon dengan usia yang cukup tua dan dijadikan sebagai cagar alam. Keberadaannya di tengah taman menambah kesan rumah sakit menjadi sejuk dan rindang.

Selain adanya pohon yang dijadikan sebagai cagar alam, di tengah taman juga dilengkapi dengan berbagai macam tanaman. Hal itu menjadikan ikondisi udara RS Lavalette cukup baik meskipun keberadaanya di tengah kota dengan banyaknya kendaraan berlalu lalang. Tidak hanya di tengah taman saja, akan tetapi terdapat pohon beringin dengan usia yang sama terletak di depan rumah sakit. Banyaknya pepohonan mampu menambah sirkulasi oksigen di rumah sakit, sehingga memungkinkan pasien merasa nyaman dan proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

RS IHC Lavalette yang Menjadi Rumah Sakit Rujukan

Dari segi pelayanan, RS Lavalette menjadi rujukan masyarakat untuk pemeriksaan dan pengobatan. RS Lavalette memiliki 3 jenis pelayanan, diantaranya rawat inap, rawat jalan, dan penunjang medis. Dari pelayanan tersebut tidak lepas dari pemeriksaan laboratorium. Laboratorium RS Lavalette dijalankan oleh analis-analis yang berpengalaman di bawah tanggung jawab Dokter Spesialis yang berkompeten di bidangnya. Laboratorium RS Lavalette mempunyai empat layanan pemeriksaan, yaitu Patologi Klinik, Patologi Anatomi, Mikrobiologi Klinik dan Bank Darah yang melayani selama 24 jam dan ditunjang dengan teknologi canggih yang sangat membantu analis dalam melakukan pemeriksaan.

Jenis-jenis Layanan Pemeriksaan Laboratorium RS Lavalette

Pada Laboratorium Patologi klinik, RS Lavalette melayani pemeriksaan diantaranya hematologi, hemostasis, pemeriksaan urine, pemeriksaan feses, glukosa darah, lipid, fungsi ginjal, elektrolit, fungsi hepar, imuno serologi, faal jantung, hormon, penanda tumor, analisis cairan, dan skrining narkoba. Pada laboratorium Mikrobiologi Klinik, melayani pemeriksaan seperti bakteriologi kultur & uji kepekaan antibiotik. Selain itu, pada laboratorium Patologi Anatomi, memberikan pelayanan pemeriksaan FNAB untuk mendeteksi keganasan pada benjolan. Sedangkan, pada Unit Bank Darah, memberikan pelayanan seperti pratranfusi yang meliputi pengecekan golongan darah dan crossmatch.

Pada magang kali ini, adapun kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama proses magang di RS Lavalette. Kegiatan magang ini diawali dengan pengenalan lingkungan rumah sakit dan pemberian penjelasan terkait peraturan yang berlaku. Kegiatan selanjutnya yaitu dilakukan pembagian jadwal magang selama di laboratorium rumah sakit. Pada proses magang berlangsung mahasiswa di dampingi oleh supervisor serta senior pada setiap unit laboratorium. Tentunya pada proses magang berlangsung mahasiswa diberikan sistem rolling selama 2 hari untuk bekerja di setiap unit. Pada kegiatan magang mahasiswa diperkenankan melakukan berbagai macam pemeriksaan pada setiap unit laboratorium dengan pengawasan pendamping. Tidak hanya melakukan pemeriksaan laboratorium saja, mahasiswa juga diberikan beberapa wawasan terkait materi dalam hal pengoperasian alat laboratorium.

BACA JUGA : Kuliah Tamu : Menjadi Wisudawan yang Kreatif dan Inovatif di Era Society 5.0

***

Penulis : Thiffani Oktavia Prihantari, Latifa Dinar Haritsa, Allifia Afini Wulandari

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori