Pemanfaatan Ebook Interaktif sebagai Media Layanan Sumber Informasi di Perpustakaan Sekolah Dasar

VOKASI NEWS – Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan media informasi juga ikut berkembang. Berbagai media informasi terintegrasi teknologi telah tercipta sebagai sebuah solusi yang ditawarkan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa sekolah dasar. Berbagai media terintegrasi teknologi seperti buku elektronik (ebook), video animasi pembelajaran, slide powerpoint, hingga laboratorium virtual telah tercipta untuk memudahkan penyebaran informasi kepada siswa.

Pengertian Ebook Interaktif

Ebook interaktif merupakan salah satu inovasi dari media pembelajaran terintegrasi teknologi. Ebook interaktif tercipta dari perpaduan antara berbagai komponen seperti teks, gambar, grafik, audio dan video. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ebook interaktif adalah buku yang di program ke dalam komputer. Ebook dapat memvisualisasikan informasi abstrak ke dalam bentuk visual dan dapat pula dianimasikan sehingga memudahkan pengguna dalam menerima dan memahami informasi.

Pengaruh Ebook Interaktif

Berbagai laporan penelitian telah menunjukan hasil bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Hal ini dikarenakan media pembelajaran dapat mengoptimalkan penggunaan berbagai jenis alat indera siswa selama proses pembelajaran. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Daryanto, bahwa sebesar 82% kemampuan daya serap manusia berasal dari indera penglihatan. Dari pesentase tersebut, dapat dipahami bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada daya serap atau pemahaman yang dapat diperoleh melalui berbagai indera. Untuk itu, diperlukan rancangan media yang mampu mengarahkan serta mendukung pengoptimalan penggunaan media yang disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan.

Teori perkembangan kognitif anak juga memberi dukungan terhadap pentingnya pemanfaatan media dalam penyebaran informasi. Menurut Bruner, tingkatan modus belajar dimulai dari pengalaman langsung (enaktif), pengalaman melalui gambar (ikonik), dan menuju pada pengalaman abstrak (simbolik). Jadi, diperlukannya pemanfaatkan media gambar atau benda manipulatif untuk memberikan anak pengalaman melalui gambar, dan buku cetak atau simbol-simbol rumus untuk memberikan siswa pengalaman abstrak.

Penggunaan Ebook Interaktif di Perpustakaan Sekolah Dasar

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh sekolah.untuk menunjang program belajar mengajar di sekolah pada semua jenjang, terlebih untuk jenjang sekolah dasar. Fungsi utama perpustakaan sekolah dasar adalah membantu tercapainya tujuan sekolah dasar, yakni agar anak-anak tamatan sekolah dasar memiliki ilmu pengetahuan yang kukuh dan terampil penggunaannya untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah. Perpustakaan sekolah bertujuan menyerap dan menghimpun informasi, sebagai media pengetahuan yang terorganisasi, menumbuhkan kemampuan menikmati pengalaman imajinatif, membantu perkembangan kecakapan bahasa dan daya pikir, mendidik siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka secara efisien, serta memberikan dasar ke arah studi mandiri.

Peran perpustakaan saat ini dituntut untuk lebih aktif dalam memberikan layanan informasi yang dibutuhkan penggunanya. Upaya yang bisa dilakukan oleh pustakawan salah satunya dengan memanfaatkan ebook interaktif sebagai media layanan sumber informasi di perpustakaan sekolah. Selain memberi manfaat bagi penggunanya, pemanfaatan ebook interaktif juga meringankan pekerjaan pustakawan karena sifat ebook itu sendiri, seperti tidak mudah lapuk, basah atau hilang, mudah disebarluaskan, mudah disimpan, mudah diakses, memiliki kecepatan publikasi, memiliki ukuran fisik yang kecil sehingga bisa disimpan dalam penyimpanan data (harddisk, CD-ROM, DVD).

Penggunaan ebook interaktif dalam menyampaikan informasi dapat mendorong dan memfasilitasi pengguna untuk berusaha mencoba menemukan konsep dari informasi secara mandiri. Penggunaan ebook interaktif dapat menunjang terlaksananya proses penyebaran informasi secara interaktif, baik interaksi antar pengguna, pengguna dengan pustakawan, maupun pengguna dengan sumber belajar demi menunjang keberhasilan belajar.

Penulis : Arsilah Parawansyah

Editor : Saka Wandhana