VOKASI NEWS – Campaign promosi yang efektif dapat menghidupkan suasana Ramadhan dan menarik perhatian publik untuk berpartisipasi dalam berbagai event yang diselenggarakan.
Setiap tahun bulan penting seperti Ramadhan menjadi momen yang sangat ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjadi bulan untuk beribadah lebih baik lagi, bulan Ramadhan menjadi momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Setiap ramadhan banyak berbagai kegiatan dan event yang dirancang untuk memeriahkan suasana. Sama halnya seperti Hotel Ibis Styles Jakarta Sunter (ISJS), yang rutin menyelenggarakan event khusus selama bulan Ramadhan. Untuk menyukseskan acara tersebut media promosi memegang penting peranan untuk menarik perhatian dan attention publik.
BACA JUGA: Gen Z dan Tantangan Mental Health Menghadapi Tekanan di Era Modern
Salah satu media promosi yang efektif dan sering digunakan adalah brosur. Sebagai alat campaign promosi, brosur memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi secara langsung dan menarik. Melalui desain yang kreatif juga informatif, brosur mampu memikat calon tamu untuk hadir dan merasakan jasa dan produk yang ditawarkan selama event Ramadhan di Hotel Ibis Styles Jakarta Sunter. Artikel ini akan membahas bagaimana brosur menjadi salah satu alat campaign promosi dalam event tersebut. Serta strategi desain dan distribusi yang diterapkan untuk mencapai hasil maksimal.
Pengertian Promosi dan Campaign
Agar tujuan perusahaan dapat tersampaikan dengan baik memerlukan strategi yaitu berupa promosi. Promosi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk memperkenalkan, menginformasikan, dan membujuk target audiens tentang produk, layanan, atau ide tertentu. Hal ini bertujuan meningkatkan kesadaran, minat, dan pada akhirnya menghasilkan tindakan yang diinginkan, seperti pembelian atau partisipasi.
Sedangkan penggunaan campaign telah diterapkan dari zaman konvensional hingga sekarang modern. Dalam konteks pemasaran, campaign merupakan suatu media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pembacanya untuk menyampaikan informasi yang tujuan utamanya yaitu mengajak. Dalam campaign harus mempunyai tujuan yang jelas, agar dapat menentukan platform apa saja yang cocok digunakan untuk campaign pada lingkungan hotel.

Tujuan Campaign sebagai Media Media Promosi
Tujuan dari campaign promosi dengan menggunakan brosur pada event Ramadhan di Hotel Ibis Styles Jakarta Sunter adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness): Brosur dirancang untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap event Ramadhan yang diselenggarakan oleh Hotel Ibis Styles Jakarta Sunter. Dengan desain yang menarik dan informasi yang jelas, brosur membantu menyampaikan pesan dan identitas acara kepada target audiens.
- Menarik Perhatian dan Minat Audiens: Brosur dibuat dengan tujuan menarik perhatian dan minat calon tamu. Melalui visual yang menarik dan informasi yang relevan, brosur bertujuan untuk mengundang rasa penasaran dan keinginan untuk berpartisipasi dalam event tersebut.
- Menyampaikan Informasi Secara Efektif: Brosur berfungsi sebagai media informasi yang ringkas dan padat. Tujuannya adalah untuk menyampaikan semua detail penting tentang event Ramadhan, seperti jadwal acara, penawaran spesial, menu buka puasa, dan hiburan yang disediakan, dengan cara yang mudah dipahami.
- Mengkomunikasikan Penawaran Khusus: Brosur sering kali memuat informasi tentang penawaran khusus atau diskon selama event Ramadhan. Tujuannya adalah untuk memberikan insentif tambahan bagi calon tamu agar lebih tertarik untuk menghadiri acara dan memanfaatkan penawaran tersebut.
- Membangun Hubungan dengan Pelanggan: Melalui distribusi brosur, hotel dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon tamu dan pelanggan setia. Brosur dapat berfungsi sebagai media komunikasi yang personal, menciptakan kesan positif dan mendukung loyalitas pelanggan.
Pembuatan Desain Brosur Sebagai Campaign Event Ramadhan Hotel ISJS
Pada setiap proyek, penentuan rancangan tahap awal sangat penting untuk melanjutkan tahapan selanjutnya. Tahap awal pada pembuatan desain ini yaitu perancangan ide dan konsep yang memuat studi dokumen berupa content brief untuk mempelajari promosi apa yang akan disampaikan oleh perusahaan, penentuan STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning) untuk menentukan target pembaca brosur, dan pembuatan layout untuk gambaran kasar desain nanti.
Tahap selanjutnya melakukan proses desain untuk implementasi layout sesuai dengan studi dokumen, dan penentuan STP yang telah dilakukan. Implementasi layout ini dibagi menjadi 4 kategori berupa:
- Header (Logo hotel dan tambahan elemen)
- Isi (Pesan Promosi yang akan disampaikan)
- Gambar (Foto campaign)
- Footer (Informasi sosial media hotel)
Selain melakukan implementasi layout dengan 4 kategori di atas, penentuan warna dan font juga merupakan salah satu proses desain.
- Warna dapat memberikan fungsi estetika pada desain, warna yang digunakan pada desain ini yaitu Emerald Green yang diperoleh dari guideline desain pada hotel dengan persentase 80% dan gradasi 20%.
- Font adalah salah satu elemen penting dalam desain grafis yang memainkan peran krusial dalam komunikasi visual. Font yang digunakan yaitu dari Ibis Styles Condensed, Romana, dan Engagement
Pembuatan desain brosur ini menjadi urgensi pada kondisi Hotel yang sedang menyelenggarakan Event tahunan yaitu Ramadhan.
***
Penulis: Febiyana Agustin
Editor: Puspa Anggun Pertiwi