Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39
Kepuasan Nasabah di BNI Trosobo Dipengaruhi oleh Hal Ini

Penelitian Mahasiswa Vokasi UNAIR tentang Kepuasan Nasabah di BNI Trosobo


Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

VOKASI NEWS – Kepuasan nasabah di BNI Trosobo dipengaruhi oleh grooming karyawan dan fasilitas, sebuah penelitian Mahasiswa Vokasi UNAIR.

Bank memainkan peran vital dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendukung perkembangan perekonomian. BNI Trosobo, salah satu bank di kota jasa dan perdagangan Sidoarjo, berupaya terus meningkatkan kepuasan nasabah melalui dua faktor utama, yaitu grooming karyawan dan fasilitas ATM. Kedua faktor ini secara signifikan berpengaruh, sebagaimana diungkapkan melalui metode penelitian kuantitatif.

Grooming Karyawan

Grooming karyawan dalam konteks perbankan merujuk pada penampilan yang rapi dan sikap profesional. Penelitian ini menunjukkan bahwa penampilan karyawan berperan penting dalam membentuk persepsi nasabah terhadap kredibilitas bank. Kerapian dan sikap ramah karyawan berdampak langsung pada tingkat kepuasan, dengan nilai rata-rata 4,07 untuk kerapian dan 3,97 untuk keramahan. Meskipun aspek keramahan masih memerlukan peningkatan, secara keseluruhan, grooming karyawan memengaruhi kesan positif nasabah terhadap layanan yang diberikan.

Fasilitas ATM dan Kepuasan Nasabah

ATM sebagai sarana transaksi yang efisien juga memegang peranan penting dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian Mahasiswa Vokasi UNAIR menemukan bahwa keandalan mesin ATM mendapat nilai 4,00, mencerminkan kepuasan nasabah terhadap kemudahan transaksi. Namun, aspek fisik dan kebersihan area ATM mendapat nilai lebih rendah (3,32), menunjukkan perlunya perbaikan pada penampilan dan kondisi lingkungan ATM.

BACA JUGA: KNV 2024, Kolaborasi 3 Bidang Soroti Potensi Kecerdasan Buatan Era Digital

Kombinasi grooming karyawan yang rapi dan fasilitas ATM yang andal berkontribusi signifikan. Dengan mengutamakan penampilan profesional karyawan dan meningkatkan kualitas fasilitas ATM, bank dapat menciptakan pengalaman perbankan yang memuaskan, serta memperkuat loyalitas nasabah.

***

Penulis : Naufal Firoos Ghossaani

Pembimbing : Andi Estetiono

Program Studi : D4 Perbankan dan Keuangan

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR